oleh

21-26 Januari 2019 Mendatang, Himaprobio Unri Adakan Pekan Raya Biologi

Pekan Biologi tahun lalu

PEKANBARU – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (Himaprobio) Universitas Riau (Unri) kembali menggelar Pekan Raya Biologi (PRB) ke-4 tahun 2019 dan telah membuka pendaftaran pada 26 Oktober 2018 sampai 14 Januari 2019. Acara ini akan dilaksanakan pada 21 sampai 26 Januari 2019 yang akan datang.

Menurut Ketua pelaksana, Eko Destiranda menyebutkan dalam tahun ini panitia melakukan perluasan daerah dalam mengikuti PRB ini. Adapun daerah yang termasuk cakupan yaitu Riau, Kepulawan Riau dan Sumatra Barat.

banner 300x250

“Tahun ini diperluas se-Sumatra, tahun kemarin hanya sampai Riau dan Kepulauan Riau saja,” uajrnya.

Tidak hanya perluasan wilayah cakupan dalam PRB kali ini juga membuka beberapa lomba dari tingkatan sekolah yang berbeda-beda seperti, Uji Kompetensi Tertulis (UKT) SMP-SMA, Uji Kompetensi Laboratorium (UKL) SMP-SMA, Cepat-Tepat (CT) SMP-SMA, Lomba Melukis SMP-SMA, Mading 3D SMP-SMA, Bio Expo School Competition SMP-SMA, Lomba Fotografi SMA-Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Remaja (LKTR) dan Poster Ilmiah SMA, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional untuk tingkat mahasiswa.

Selain menyajikan serangkaian perlombaan, pekan raya biologi 2019 juga mengadakan Seminar Nasional dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menuju Generasi Emas”. Rencananya Seminar ini akan menghadirkan Indra Charismiadji selaku Pakar Pengamat dan Praktisi Pendidikan dan Dr. Reni Suryanita, M.T, dosen Teknik Sipil Universitas Riau.

Tambahnya, dalam tahun ini panitia menargetkan 1.800 peserta, dan harus lebih meningkat jumlahnya dari tahun sebelumnya yang mengikuti PRB. sejak dibuka pada 26 Oktober lalu peserta yang mendaftar hampir mencapai angka 500. Untuk mencapai target yang ingin di capai, panitia akan optimis meski bersaingi dengan prodi tetangga dan terus mensosialisasikan acara yang telah diperluas sampai ke Sumatra Barat ini dengan memasang baliho.

“Banner sudah kami dirikan di 10 titik, baliho besar kami dirikan di gerbang depan dan halaman kampus biologi,” ujar Eko, Kamis (06/12/2018).

Tidak hanya itu, agar tercapainya target tersebut panitia telah menyebar surat undangan kesekolah-sekolah, media sosial, serta penyebaran informasi melalui beberapa di radio Pekanbaru. Selain itu panitia juga melakukan sosialisasi ke universitas yang ada di Pekanbaru seperti, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Abdurrab, Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI), dan Politeknik Caltex Riau (PCR)

Ketua koodinator Program Studi Pendidikan Biologi Unri, Dr. Hj. Evi Suryawati, M. Pd menyebutkan bahwa ia mendukung penuh kegiatan yang diadakan, khususnya dibidang pendidikan. Tambahnya, ia juga menyampaikam bahwa olimpiade ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi yang intelektual baik dalam skala daerah maupun nasional.

“Kami selalu inginkan inovasi tiap tahunnya dari mahasiswa Pendidikan Biologi, terutama dalam olimpiade yang rutin diadakan tiap tahun ini.” kata Evi Suryanti.

Bagi peserta yang ingin mendaftar atau mengikuti lomba dapat mendaftarakan diri secara langsung ataupun melalui telefon. Jika peserta ingin mendaftar langsung, bisa datang ke Stand pendaftaran yang berada di depan halaman gedung kuliah Pendidikan Biologi.

Sedangkan untuk uang pendaftaran, peserta bisa membayar langsung ataupun transfer melalui rekening. Bagi peserta yang ingin mendaftar namun belum bisa membayar uang, tidak perlu khawatir karna karna Koordinator kesekretariat Rahayu Srikandi menyampaikan bahwa peserta mendaftar tidak diharuskan langsung membayar uang pendaftaran dan dikasih batas waktu.

“Batas pembayaran untuk peserta minimal seminggu sebelum perlombaan, nanti mereka kami konfirmasi lagi,” kata Rahayu.

Ia juga menambahkan untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya pendaftaram, nomor rekening, serta mekanisme perlombaan, calon peserta dapat mengakses laman web PRB di https://pekanrayabiologi.wordpress.com.