oleh

Turap Amblas, Sebagian Bangunan Rumah Warga Masuk ke Sungai Kampar

Sekda Kampar dan rombongan saat melihat sebagian bangunan rumah warga yang masuk ke sungai

BANGKINANG – Akibat hujan dan banjir, turap di Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampa, Kampar, Riau, Senin (17/12/2018) pagi tadi amblas.

Dari pantauan, akibat amblasnya turap di Sungai Kampar tepatnya di Dusun Tanjung Alai Hilir, Desa Sungai Tarap ini, robohkan 6 rumah warga.

banner 300x250

Kepala Desa Sungai Tarap, Khairul Anwar menyampaikan bahwa 6 rumah warga yang terkena longsor akibat amblasnya turap ini. Sebagian rumahnya telah masuk ke dalam sungai. Karena lokasi rumah warga tersebut hanya beberapa meter dari turap tersebut.

“Ada sebanyak 6 rumah masyarakat yang sebagian bangunannya runtuh dan masuk ke dalam sungai akibat amblasnya turap sehinggga membuat longsornya tebing di pinggir rumah mereka,” jelasnya kepada GoRiau.com.

Khairul Anwar juga menyampaikan, bahwa turap yang amblas di Dusun Tanjung Alai Hilir ini sepanjang 300 meter. Dengan amblasnya turap ini, juga membuat longsornya jalan di sekitar lokasi turap yang amblas sehingga mengakibatkan jalan akses masyarakat terputus.

Ia menambahkan, Sekda Kampar dan rombongan telah melakukan peninjau ke lokasi bencana alam di desanya ini.

Sementara itu di desa lainnya di Kecamatan Kampa juga terjadi turap yang amblas, yaitu di Desa Tanjung Bungo.

Kepala Desa Tanjung Bungo, Manizar menyebutkan turap yang roboh di desanya tersebut, sepanjang lebih kurang 200 meter. Amblasnya turap yang juga di pinggir Sungai Kampar ini, berpotensi terhadap rumah warga terancam roboh.