oleh

Waspada, BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Terjang Perairan Jakarta Malam Ini

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait prediksi akan adanya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah perairan Jakarta hingga bagian Utara dan Selatan Jawa Barat, Rabu (26/12/2018).

Seperti dikutip Okezone dari akun Twitter resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, BMKG memprediksi perairan di Jakarta akan diterjang gelombang setinggi 1,5 meter hingga mencapai 2,5 meter dengan kondisi cuaca di wilayah sekitar berawan sampai hujan petir. Prakiraan gelombang dan angin kencang ini akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB malam nanti.

banner 300x250

“Berlaku mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB,” tulis akun Twitter @BPBDJakarta.

Baca Juga: Gelombang hingga 6 Meter Intai Perairan Indonesia, Masyarakat di Wilayah Ini Perlu Wasapada

Gelombang

Berikut perairan yang akan berpeluang terjadi gelombang tinggi antara lain; Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Marunda, Pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Kali Adem – Muara Angke, Pelabuhan PPS Nizam Zachman Muara Baru, Perairan Kepulauan Seribu, Perairan utara Jawa Barat, dan Laut Jawa bagian barat.

Adapun prediksi angin kencang yang akan terjadi di perairan Jakarta hingga bagian Utara dan Selatan Jawa Barat, diperkirakan akan bergerak dari Selatan hingga Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 sampai 20 knot.

“Angin di Perairan Utara Jawa bagian Barat umumnya bertiup dari Selatan hingga Barat Laut dengan kecepatan angin antara 2 knot hingga 20 knot dan Angin di Perairan Selatan Jawa bagian Barat umumnya bertiup dari Selatan hingga Barat dengan kecepatan angin antara 4 knot hingga 15 knot,” tulis akun Twitter @BPDBJakarta.

BMKG menyatakan prakiraan ini akan selalu di perbaharui setiap ada perubahan angin dan pergeseran awan. Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap gelombang tinggi.

(edi)

Sumber : okezone.com