oleh

Diangkat Jadi Kapolda Metro Jaya, Ini Profil Irjen Gatot Eddy Pramono

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi sejumlah jabatan diinternal Polri yang tertuang dalam ST/188/I/KEP/2019 tertanggal 22 Januari 2019. Salah satunya adalah posisi Kapolda Metro Jaya.

Jabatan Kapolda Metro Jaya yang tadinya diisi oleh Irjen Idham Azis, nantinya akan ditempati oleh Irjen Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya menduduki posisi Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri.

banner 300x250

Sedangkan, Irjen Idham Azis akan mengisi jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) Polri, yang sebelumnya diduduki oleh Komjen Arief Sulistyanto.

 sak

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan, rotasi jabatan adalah hal yang biasa terjadi di internal Korps Bhayangkara. Rotasi posisi ini sebagai bentuk penyegaran bagi seluruh personel Polri dalam menjalankan tugasnya sebagai aparat penegak hukum.

“Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri. Sebagai Tour of Duty personel Polri,” kata Iqbal kepada Okezone, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

 (Baca juga: Rotasi Pati Polri: Kapolda Metro Jaya Jadi Kabareskrim)

Irjen Gatot sendiri merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988. Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat ini dikenal sebagai prajurit Korps Bhayangkara yang matang dibidang reserse.

Hal itu ditandai dengan dimulainya karir Gatot menjadi Kapolres Blitar. Setelah itu, pria berumur 53 tahun itu juga sempat menjadi Sespri Kapolri. Selain itu, Gatot juga pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Depok.

Tak berhenti sampai disitu, Gatot juga sempat dipercaya menjadi Kapolres Metro Jakarta Selata pada tahun 2009 lalu. Lalu, Gatot juga pernah menjabat Dirreskrimum Polda Metro Jaya. Serta Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri.

Kemudian, jabatan lainnya yang pernah dijabat Gatot adalah, Kabagdukminops Robinops Sops Polri, Karolemtala Srena Polri, Wakapolda Sulawesi Selatan,dan Sahlisosek Kapolri.

Tak hanya itu, Gatot juga sempat diberikan tugas khusus oleh Kapolri Tito untuk mengomandoi Satgas Nusantara. Dalam hal ini, Gatot dipercayakan mengemban sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas).

(wal)