oleh

Himaprodi PPKn Unri Gelar Olimpiade pada 18 Sampai 23 Februari 2019 Mendatang

PEKANBARU – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riauv (Unri) kembali menggelar Olimpiade PPKn ke-8.

banner 300x250

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, olimpiade PPKn kali ini mencakup 2 provinsi yaitu Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Acara ini pun akan akan di laksanakan pada tanggal 18 Februari 2019 sampai 23 Februari 2019.

Adapun tema yang di usung yaitu, Mewujudkan Generasi Pancasilais Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Dian Andoko menyebutkan, bahwa generasi pancasila saat ini harus pandai dalam berteknologi serta dapat melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam kehidupan sehari-hari baik di Riau maupun Kepri.

“Seperti yang kita ketahui sekarang telah memasuki generasi 4.0, jadi kami disini ingin melestarikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa, ” kata Dian di Kampus Unri, Rabu,  (23/1/2019).

Ia juga menyebutkan jika tahun lalu jumlah peserta yang mendaftar mencapai lebih dari 700 peserta dan untuk tahun ini panitia menargetkan jumlah peserta sebanyak 1.500 peserta yang ikut dengan beberapa cabang lomba yang sudah ditentukan.

Adapun cabang lomba yang bisa di ikuti yaitu untuk tingkat SD meliputi tes tertulis, Cerdas Cermat dan Pidato Kebangsaan. Sedangkan untuk tingkat SMP dan MTs sederajat yaitu sama dengan SD hanya saja ada beberapa penambahan yaitu karikatur, tes tertulis,  cerdas cermat,  dan pidato kebangsaan.

Untuk tingkat SMA, MA dan SMK sederajat,  adapun cabang lombanya yaitu debat kebangsaan, tes tertulis,  cerdas cermat,  pidato kebangsaan dan karikatur. Tidak hanya perlombaan untuk siswa, dalam olimpiade PPKn ini juga membuka cabang lomba yang terbuka untuk umum yaitu, guru mengajar, rangking 1 dan foto moment.

Dian menyebutkan dalam sistem pendaftaran tidak adanya perpanjangan pendaftaran. Karena waktu pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 1 Desember 2018 sampai 16 Februari 2019.  Dan sistem pendaftaran pun bisa melalui online maupun langsung.

Untuk informasi lebih lanjut, calon peserta bisa langsung datang ke stand olimpiade PPKn di Kampus Bina Widya KM 12, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru.