oleh

Jokowi: Yang Suruh Makan Jalan Tol Siapa?

JAKARTA – Berbagai kritikan dialamatkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran kebijakannya yang membangun jalan tol hingga ke daerah-daerah.

Jokowi memastikan telah mendengar kritikan tersebut. Bahkan, kata dia, ada orang yang menolak pembangunan jalan berbayar itu dengan menyatakan bahwa tak ingin makan jalan tol.

banner 300x250

“Ada yang menyampaikan ‘Pak, kami tidak setuju jalan tol. Kami tidak makan jalan tol’. Yang suruh makan jalan tol siapa?” kelakar Jokowi saat menghadiri acara peringatan ke-72 tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di kediaman Ketua Majelis Pembina KAHMI Akbar Tandjung, Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Jokowi juga berseloroh bahwa memakan aspal jalan tol akan mengakibatkan sakit perut. “Nanti (kalau) makan semen aspal nanti sakit perut,” katanya berseloroh.

Jokowi menerangkan, selama ini kerja pemerintah tidak hanya membangun jalan tol. Dia melanjutkan bahwa pemerintah juga membangun berbagai infrastruktur hingga ke daerah.

“Jadi bukan yang gede-gede saja. Yang kecil-kecil juga yaitu lewat dana desa. Membangun jalan kecil di desa dan itu sudah panjang sekali,” terangnya.

Kepala Negara mengatakan, pembangunan infrastruktur merupakan pondasi dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang mempu bersaing dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan begitu, sambung dia, pemerintah akan terus konsisten dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan itu.

“Jangan sampai kita melalui sesuatu setengah main. Kemudian kita berbelok lagi memulai dari awal. Saya kira kalau ada keberlanjutan saya lihat bisa melonjatkan bangsa ini menuju bangsa maju,” tandasnya.

(kha)