oleh

9 Hari Jelang Pemilu Serentak 2019, Kesultanan Pelalawan: Jagalah Kedamaian Demokrasi dan Jangan Golput

Sultan Pelalawan ke-11 H Tengku Kamaruddin

PEKANBARU – Tinggal menghitung hari lagi, Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan terbesar, yaitu pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg).

Tahun ini, merupakan kali pertama Pilpres dan Pileg diadakan serentak. Karena itu, Sultan Pelalawan ke 11, H Tengku Kamaruddin mengharapkan Pemilu serentak pada 17 April mendatang berjalan aman, damai dan demokratis.

banner 300x250

Ia juga mengimbau agar masyarakat, khususnya kalangan muda untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu kali ini. Sebab, satu suara sangat menentukan masa depan Indonesia.

“Sebagai orang tua, saya mengharapkan pemilu ini berjalan damai sesuai dengan aturan. Masyarakat diharapkan menggunakan hak suaranya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya di Pekanbaru, Senin (8/4/2019).

Mantan anggota DPRD Kota Pekanbaru ini juga meminta, agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap isu-isu dan informasi hoax yang akan memecah belah bangsa.

“Akhir-akhir ini banyak berita-berita bohong yang beredar, ada juga isu politik uang. Saya harap masyarakat jangan sampai terprovokasi hal-hal seperti ini karena Pemilu menentukan kelanjutan negara kita. Jangan berbuat sesuatu yang membuat pesta demokrasi terbesar Indonesia ini cacat,” jelasnya lagi.

“Berbeda pendapat itu boleh, hak setiap manusia. Bahkan zaman Rasulullah juga begitu, tapi bukan berarti tak berteguran dan memutus tali silaturahmi. Ini yang harus dijaga,” sambungnya.

Pria kelahiran 1941 ini juga menuturkan, Kesultanan Pelalawan dipastikan netral dan tidak berpihak kepada siapapun. Kesultanan menyerahkan pilihan politik sesuai dengan hati nurani masing-masing.

“Saya tak pernah mendorong masyarakat untuk memilih ini itu. Semua dikembalikan ke pilihan masing-masing. Kalian punya pemikiran sendiri, pilihlah yang menurut kalian berhak. Semua pasti sudah bisa menilai mana pasangan yang sesuai,” tandasnya.