oleh

Kampanye Bareng Megawati di Solo, Jokowi Minta Pendukungnya Kerja Keras

JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kampanye bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).

Di acara kampanye terbuka itu, petahana meminta para pendukungnya untuk bekerja keras guna memenangkan dirinya dan cawapres Ma’ruf Amin.

banner 300x250

Selanjutnya, Jokowi pun bercerita tentang perjalanannya berkarier di ranah politik yang dimulai sebagai wali kota di Kota Solo. “Kota Solo yang kita cintai ini, di mana saya memulai karir di bidang pemerintahan,” ujar Jokowi.

Foto: Ist

Pada pemilihan kepala daerah 2005, pasangan Jokowi dan F.X. Hadi Rudyatmo yang diusung oleh PDIP menjadi pemenang dengan perolehan suara 36,62 persen. “(Periode) 2005-2010 lancar, alhamdulillah,” ujarnya.

(Baca juga: Surat untuk Presiden Jokowi dari Keraton Solo)

Pasangan ini kemudian mencalonkan kembali pada tahun 2010 dan menang dengan meraup suara 90,09 persen. Sebuah pencapaian yang fenomenal kala itu. “2010, baru 2,5 tahun (menjadi wali kota), diambil Bu Mega ke Jakarta,” ujarnya.

Kala itu PDIP memang meminta Jokowi bertarung dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pasangan ini lolos ke putaran kedua dan meraup suara 53,82 persen.

“Di Jakarta, baru jadi gubernur kurang dari 3 tahun, diangkat lagi ke atas dicalonkan jadi presiden,” kata Jokowi. Para pendukungnya langsung bersorak.

Foto: Ist

Karena itu, pada kesempatan ini, Jokowi meminta kepada warga Solo dan sekitarnya yang hadir untuk bekerja keras. Pada pemilihan presiden 2014, di Solo, Jokowi meraup 84 persen. Meski perolehannya terbilang tinggi, Jokowi meminta pendukungnya tak berpuas diri dengan perolehan itu.

“Saya berasal dari Solo. Jangan sampai dapatnya sama seperti 2014. Pada 2019 harus di atas 90 (persen), tunjuk jari!” ujar Jokowi menantang pendukungnya.

Ribuan pendukung yang hadir langsung tunjuk jari menandakan kesanggupannya. “Tidak ragu kalau seperti ini. Tidak ragu!” kata Jokowi.

Dengan tekad meraup suara 90 persen itu, Jokowi meminta agar warga Solo kerja keras di sisa hari pencoblosan ini.

“Waktunya tinggal delapan hari. Solo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Boyololali, semuanya harus kerja keras!” ujarnya.

(qlh)