oleh

UNBK di Kepulauan Meranti Dilaksanakan Untuk Meningkatkan Standar Kualitas Siswa

SELATPANJANG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas standar nilai siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti H Nuriman Khair, Senin (22/4/2019) siang, mengatakan saat ini pendidikan di kabupaten termuda di Propinsi Riau itu masih dibawah standar minimal dibandingkan kabupaten kota lainnya.

banner 300x250

“Awalnya sekolah SMP yang menerapkan UNBK hanya enam sekolah. Tahun ini semua sekolah kita terapkan, hal itu dimaksudkan untuk mengevaluasi dan membenahi nilai siswa. Dalam kondisi terbatas tetap kita lakukan, terbukti kita mampu dan maksimal melaksanakannya. Sedangkan sekolah yang tidak bisa menyelengarakan dengan mandiri kita gabung dengan sekolah yang memiliki komputer lengkap,” ujarnya.

Nuriman juga mengatakan bahwa UNBK dilaksanakan untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan pelajaran yang diajarkan gurunya dalam proses belajar dan mengajar.

“Kita maunya nilai yang murni dan original. Kalau sistem ujiannya masih UNKP bisa saja guru itu menolong siswa, kalau dibantu kapan kita bisa maju. Seperti olimpiade yang sudah beberapa kali kita ikuti, terlihat sekali anak- anak kita dibawah standar,” katanya.

Mantan Sekretaris DPRD itu juga mengatakan seiring ditingkatkannya kualitas standar nilai siswa, kompetensi guru juga akan ditingkatkan mengingat banyak tenaga pendidik yang tidak linier. Dalam artian banyak guru yang mengampu mata pelajaran tidak linier dengan kualifikasi akademiknya. 

“Kita akan tingkatkan kompetisi guru, dimana ada sebanyak 500 guru yang tidak linier. Sudah saatnya guru bisa memahami, jangan asal mengajar saja. Saya melihat banyak yang terlihat seperti dipaksakan, guru tamatan PAI mengajar mata pelajaran Matematika,” ungkapnya.

Pelaksanaan UNBK di Kepulauan Meranti serentak dengan digelarnya ujian nasional Sekolah Dasar. Pelaksanaannya lancar dan tidak ada kendala. Hal ini diketahui saat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Drs  H Nuriman Khair bersama Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Syafrizal meninjau di MTS Negeri dan SDN 01 di Selatpanjang.

Peserta Ujian Nasional SD sebanyak 3613 siswa yang tersebar di 189 sekolah. Sedangkan peserta UNBK sebanyak 3324 siswa yang tersebar di 46 SMP dan 35 MTS.