oleh

Ratusan Kepsek di Kepulauan Meranti Ikuti Sosialisasi BOS Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

SELATPANJANG – Sebanyak 101 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) afirmasi dan BOS kinerja di Kabupaten Kepulaun Meranti, mengikuti sosialisasi BOS afirmasi dan BOS kinerja tahun 2019. Selasa (24/9/2019) di ruang serbaguna SMP Negeri 1 Tebing Tinggi.

Kegiatan dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Drs, H, Nuriman Khair MH, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kepulauan Meranti Syafrizal S.Pd, Kasi Kurikulum SMP di Disdikbud Kepulauan Meranti Adi Herman, Kasi Kurikulum SD di Disdikbud Kepulauan Meranti Muhammad Nazir S.Pd, serta Koordinator Pengawas Kabupaten Kepulauan Meranti Syafrial S.Pd.

banner 300x250

Kadisdikbud Kepulauan Meranti, Nuriman Khair dalam penyampaiannya mengatakan, bantuan dana BOS afirmasi diperuntukkan bagi sekolah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T). Sementara bantuan dana BOS kinerja, bagi sekolah yang kinerjanya bagus.

“Jadi, bapak ibu harus bersyukur atas bantuan pemerintah ini. Bantuan ini tentunya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan. Digunakan untuk pembelian perangkat digital. Ini juga sebagai jawaban dalam menghadapi era revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Jadi, sambung Nuriman, hal ini menyangkut dengan pembelajaran sistem aplikasi. Dimana dengan perangkat itu nantinya, sekolah khususnya anak SD kelas VI bisa mengakses aplikasi pembelajaran berupa ruang guru.

“Kita berharap perangkat yang pembelanjaannya dilakukan langsung oleh pihak sekolah ini, nantinya bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik,” pesannya.

Dengan pembelajaran secara digital nantinya, Nuriman berharap anak bisa lebih kreatif. Dan jika tahap awal berjalan sesuai harapan, bermanfaat dan signifikan dengan peningkatan mutu pendidikan, menurutnya akan dikembangkan ke seluruh sekolah termasuk kelas V hingga kelas I, serta pengadaan perangkat diupayakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten.

“Hal yang perlu kita perhatikan, yakni melatih para guru dalam mengoperasikan perangkat ini, sehingga guru nantinya bisa mengajarkan ke muridnya. Tujuan pembelajaran sistem digital ini, bagaimana kedepannya dalam proses belajar mengajar itu guru tidak lagi berada di depan, melainkan mereka membimbing, sehingga anak lebih kreatif,” pungkasnya.

Adapun 101 sekolah penerima dana BOS afirmasi dan BOS kinerja di Kabupaten Kepulauan Meranti, diantaranya 91 satuan penerima BOS afirmasi, meliputi Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak 2 SD, Tebing Tinggi Barat 12 SD dan 3 SMP, Tebing Tinggi Timur 4 SD dan 1 SMP, Rangsang 14 SD dan 3 SMP, Rangsang Barat 11 SD dan 1 SMP, Rangsang Pesisir 10 SD dan 1 SMP, Merbau 6 SD dan 1 SMP, Pulau Merbau 5 SD 3 SMP, Tasik Putripuyu 9 SD dan 1 SMP.

Kemudian, untuk satuan penerima BOS kinerja sebanyak 10 sekolah. Diantaranya, SD Negeri 10 Selatpanjang Timur, SD Negeri 12 Selatpanjang Selatan, SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, SD Negeri 8 Teluk Buntal, SD Negeri 15 Sungau Gayung Kiri, SD Negeri 6 Tanjung Kulim, SD Negeri 6 Renak Dungun, SD Negeri 6 Selat Akar, SD Negeri 11 Mengkirau, dan SMP Negeri 2 Tasik Putripuyu.