oleh

Sulit Punya Keturunan? Ini Tips dari Dokter Spesialis KPJ Damansara

PEKANBARU – Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapat momongan. Salahsatunya karena lemahnya sel ovum atau sel telur pada wanita dan kualitas sperma yang dihasilkan oleh pria.

Dokter spesialis Kumpulan Perobatan Johor (KPJ) Damansara, dr Mohan mengatakan, bahwa semakin meningkat umur seorang pria dan wanita, maka akan semakin berkurang pula kualitas sel telur dan sperma yang dihasilkan.

Berdasarkan sebuah artikel, lanjut Mohan, menjelang tahun 2062 kesuburan dari laki-laki akan semakin pupus. Hal ini diakibatkan oleh pencemaran bahan kimia, gaya hidup, merokok, tekanan emosi, obesitas, pencemaran udara dan suhu tinggi.

“Plastik mengandung bahan kimia yang cukup tinggi dan ini akan menyebabkan berkurangnya kualitas sperma, sama halnya seperti logam dan merkuri,” kata Mohan di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, Sabtu (28/9/2019).

Tidak hanya itu, Mohan juga menuturkan penyebab lainnya yaitu penggunaan celana yang terlalu ketat. Hal ini bisa menjadi pemicu berkurangnya kualitas sperma karena penggunaan celana ketat mampu meningkatkan suhu skrotom atau panas.

“Pemakaian celana ketat akan meningkatkan suhu skrotum yang berfungsi menjaga suhu testis agar tetap optimal. Selain itu penyimpanan telephone di saku depan juga tidak bagus karena adanya pancaran radiasi. Boleh meletakannya tapi jangan disimpan di saku depan,” ungkap Mohan.

Diungkapkannya, pola makanan juga akan mempengaruhi seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji.

Selain beberapa faktor di atas, penyebab lain sulitnya memperoleh keturunan juga disebabkan oleh fator berat badan, dan stres yang dialami oleh wanita maupun pria. Di mana, semakin meningkat berat badan dan stres, maka akan semakin menurun pula kualitas sel telur dan sperma yang dihasilkan.

Untuk itu, Mohan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kesuburan yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat, selalu meminum tambahan vitamin, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi banyak air putih.

Jika hal tersebut tidak berhasil, ia menyarankan untuk mengikuti proses memperoleh keturunan melalui rumah sakit spesialis KPJ Damansara yang cabangnya terletak di Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru. Sebab, KPJ merupakan rumah sakit spesialis dengan sistem tercanghih yang saat ini sudah memiliki 27 rumah sakit dan 47 dokter ahli di bidangnya.

“Kami membantu bagi calon pasien yang berobat, bagaimana cara mendapat keturunan,” tutup Mohan.