oleh

SMK Dirgantara Studi Tour ke Istana Siak Sri Indrapura

PEKANBARU – Sebanyak 40 siswa angkatan 2019/2020 dan 5 orang Guru SMK Dirgantara Riau mengikuti studi tour ke Istana Siak Sri Indrapura. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, (8/2/2020) ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa dalam pembelajarannya.

Studi tour ini hadir sebagai salah satu alternatif siswa untuk lebih mendalami ilmu yang diberikan di sekolah.

banner 300x250

Salah satu siswa Program Keahlian Manajemen Logistik, Angeline yang baru saja mengikuti studi tour ke Istana Siak Sri Indrapura mengaku bahwa banyak manfaat yang bisa ia dapatkan. Diantaranya menambah wawasan mengenai beraneka ragam suku, ras, agama dan budaya.

Ia juga mengatakan, mendatangi tempat budaya dan sejarah ini, pihaknya pun belajar mengenai kebudayaan setempat, dan tumbuh keinginan untuk melestarikan salah satu budaya Indonesia tersebut, agar tak luntur oleh zaman.

“Kami mengunjungi tempat bersejarah di Istana Siak Sri Indrapura, di sana kita bisa langsung melihat dengan jelas bagaimana bentuk Istana Kerajaan Siak Sri Indrapura, sejarahnya yang disampaikan oleh tour guide, jelas berbeda dengan kita yang hanya menyaksikan di televisi,” ungkapnya

Siswa lain, David Resky mengatakan dengan diadakanya tour ini dapat menambah wawasan penerapan ilmu yang dipelajari disekolah.

“Menurut saya sebanding dengan ilmu yang kita dapat, banyak menambah wawasan kita dan ingat pengalaman itu sangat mahal dan berharga, karena pengalaman adalah guru paling berharga,” ujarnya.

Sementara itu, Guru Bidang Studi Sejarah Indonesia Rodearni Siringo-ringo S.Pd beranggapan bahwa studi tour merupakan hal efektif dalam upaya mengimplementasikan apa yang dipahami secara teori.

“Studi tour dilakukan untuk menambah dan memupuk pengetahuan serta sebagai alternatif belajar yang dibungkus rasa liburan sehingga jauh dari kejenuhan seperti ketika belajar di dalam kelas,” ucapnya.

Ia memparkan tempat yang dikunjungi kegiatan studi tour yaitu Istana Siak (Istana Sultan Syarif Kasim), Balai Kerapatan Tinggi (Balairung Sri), Masjid Sultan Siak (Masjid Raya Syahabuddin), Makam Sultan Siak (Sultan Syarif Kasim II), Air Mancur Siak Bermadah (Bermusik dan Menari), Pasar Seni Siak (Pasar Penjualan Souvenir), Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Komplek Makam, Klenteng Hock Siu Kiong. (Rls)