oleh

Ribuan Ikan Hidup Terdampar di Pantai, Warga Khawatir Pertanda Gempa Besar

AMBON – Ribuan ekor ikan berbagai jenis dalam kondisi masih hidup terdampar di pantai Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Ahad (15/3/2020). Warga khawatir sebagai pertanda bakal datangnya gempa besar.

Dikutip dari Kompas.com, ribuan ekor ikan itu ditemukan menggelepar di pantai tak jauh dari dermaga penyeberangan Feri Hunimua, sekira pukul 12.00 WIT.

banner 300x250

Kejadian langka itu menghebohkan warga yang ada di kawasan tersebut, termasuk para penumpang feri yang akan menyeberang ke Pulau Seram.

“Kejadiannya jam 12 siang, tiba-tiba orang-orang lari berhamburan ke pantai. Ternyata ada ikan yang terdampar hidup-hidup,” ujar Yuni Tubaka, penumpang feri kepada Kompas.com, Ahad.

Yuni mengungkapkan, karena penasaran, dia lalu mendatangi pesisir pantai dan mengambil gambar ribuan ekor ikan yang terdampar itu dengan kamera ponsel.

“Saya ikut ke pesisir pantai, lalu saya ambil gambar dan video orang-orang yang sedang memungut ikan. Tadi heboh sekali,” ujarnya.

Sementara Apu Lessy, warga desa setempat mengatakan, ada beberapa jenis ikan yang terdampar di pantai desa tersebut, seperti ikan kembung dan beberapa jenis ikan berukuran kecil. Warga berebut memungut ikan-ikan itu.

“Warga tadi berebutan memungut ikan yang terdampar. Tadi itu ada ikan kawalinya, ikan lema, dan beberapa jenis ikan lain,” ujarnya.

Sebagian warga desa ada yang khawatir dan mengaitkan fenomena tersebut dengan bencana alam.

Sebab, peristiwa yang sama pernah terjadi sebelumnya, menjelang gempa besar mengguncang Maluku dan memporak-porandakan desa itu.

“Warga ada yang khawatir karena saat gempa di Liang itu kan ada ikan dan sontong yang terdampar juga, jadi saat ini kita ikhtiar saja,” ujarnya.