oleh

Presiden Jokowi: Aktivitas Berhenti Jika Lockdown, Kita Tak Ambil Jalan Itu

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sejauh ini tidak ada kebijakan daerah yang berbeda dari pusat terkait virus corona (Covid-19). Menurutnya, karantina wilayah yang dilakukan banyak daerah masih wajar, asalkan tidak berskala besar atau disebut lockdown. 

“Sampai saat ini belum ada yang berbeda, kita harapkan tidak ada yang berbeda, ada pembatasn sosial, pembatasan lalu lintas, itu pembatasanyang wajar, daerah juga ingin mengontrol daerah, tapi tidak bentuk keputusan beda, misalnya karantina wilayah cakupan gede, atau sering dipakai istilah lockdown,” kata Jokowi dalam konferensi persnya dari Pulau Galang, Rabu (1/4/2020).

banner 300x250

Jokowi mengatakan, jika diterapkan lockdown, seluruh masyarakat tidak bisa keluar rumah. Seluruh akses transportasi juga dihentikan seluruhnya. 

Infografis Okezone

“Lockdown itu apa sih, orang enggak boleh ke luar rumah, transportasi berhenti semua, baik bus, motor, pesawat semua berhenti, kegiatan kantor semua dihentikan, kan kita tidak mengambil jalan itu,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, pihaknya tetap pada cara physical distancing atau menjaga jarak aman dan disiplin mencuci tangan. Sehingga diharapkan mata rantai virus corona bisa dihentikan.

(qlh)