oleh

Antisipasi Lonjakan Eskalasi Pandemi Covid-19, Pemkab Siak Siapkan 3 RSUD Tipe D dan Faskes IKPP

SIAK – Pemkab Siak mempersiapkan 3 RSUD Tipe D di Kecamatan Tualang, Minas dan Kandis untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri meninjau langsung persiapan faskes penanganan dan isolasi pasien Covid-19 tersebut serta melihat langsung apa yang sudah dilakukan Gugus Tugas terkait.

banner 300x250

“Kemarin kita sudah meninjau 3 RSUD Tipe D untuk persiapan jika eskalasi Pendemi Covid-19 meningkat, ada juga Faskes IKPP di gedung Mess IKPP Tualang,” kata Alfedri, Jumat (02/04/20) kepada GoRiau.com.

Di RSUD tipe D Perawang, kata Alfedri, ada 2 ruangan isolasi yang disiapkan. Ada juga alat penyemprot disinfektan dan tempat cuci tangan yang merupakan bantuan dari Program Peduli BRI.

Begitu juga di Faskes IKPP, selain ruang isolasi, mereka juga menyediakan perangkat cuci tangan dengan sabun di sejumlah fasilitas umum seperti masjid, pasar, gereja dan area publik lainnya, disamping bantuan desinfektan yang telah diserahkan oleh IKPP.

“Jika nantinya terdapat salah satu satu anggota keluarga yang terdampak virus Corona kategori sedang dan berat, tentunya anggota keluarga lainnya harus ikut diisolasi. Untuk itu, kita meminta bantuan pihak perusahaan untuk membantu dalam mempersiapkan lokasi isolasi,” kata Alfedri.

Pemda sendiri kata Alfedri, untuk antisipasi telah menyiapkan RSUD Tengku Rafian, serta mencadangkan gedung asrama haji dengan daya tampung 50 kamar, serta gedung BLK dengan daya tamping 30 kamar dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Rumah Sakit Tipe D Perawang telah ditunjuk Pemerintah Provinsi sebagai salah satu fasilitas kesehatan rujukan. Untuk kategori ODP, juga telah ada fasilitas isolasi di Mess IKPP, yang diisi beberapa mahasiswa dari luar daerah yang saat ini pulang ke Siak,” imbuhnya lagi.