oleh

DPW PAN Riau Instruksikan Seluruh Jajarannya Bergerak Masif dalam Upaya Pencegahan Virus Corona

PEKANBARU – Upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi virus Corona membutuhkan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, termasuk partai politik. Menanggapi hal ini, DPW PAN Provinsi Riau mengeluarkan surat edaran untuk menginstruksikan seluruh jajarannya agar bergerak masif dan terstruktur melakukan pencegahan virus Corona di daerah masing-masing.

“Sebagian kader dan organ PAN memang telah menunjukkan inisiatif dan partisipasinya untuk mencegah penularan virus Corona di daerahnya masing-masing. Namun, gerakan yang dilakukan masih bersifat parsial dan belum terstruktur,” ujar Wakil Ketua Bidang Infokom DPW PAN Riau, Makmur, Rabu, (8/4/2020).

banner 300x250

“Maka itu, untuk mendorong gerakan yang lebih terpadu dan masif, kita menginstruksikan melalui surat edaran untuk bersama-sama melakukan gerakan pencegahan virus Corona,” terangnya.

Lanjutnya, surat edaran ini disampaikan kepada seluruh pengurus DPD, organisasi otonom, organisasi sayap, dan mitra PAN, kader eksekutif dan legislatif, dan seluruh keluarga besar PAN se-Provinsi Riau.

Dalam surat edaran itu, ada 3 poin penting yang harus dilakukan oleh jajaran DPW PAN Riau. Diantaranya, aktif melakukan edukasi dan gerakan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkait virus Corona.

“Agar masyarakat lebih waspada, kita harus mensosialisasikan tentang apa dan bagaimana virus Corona, tindakan preventif dan antisipatif yang dibutuhkan, bagaimana protokol kesehatan resmi lembaga berwenang serta kebijakan resmi pemerintah dan fatwa ulama,” paparnya.

Kemudian, aktif menyelenggarakan kegiatan sosial yang melibatkan kader PAN untuk kepentingan masyarakat di daerah masing-masing. Seperti penyemprotan disinfektan di rumah ibadah dan fasilitas umum, bantuan APD bagi tenaga medis, fasilitas cuci tangan di ruang publik, bahan kebutuhan pokok, vitamin atau suplemen, dan sebagainya sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Selanjutnya untuk poin terakhir, dikhususkan kepada pimpinan OPD di daerah masing-masing, agar mengerahkan secara maksimal sumber daya yang dimiliki, serta melakukan supervisi terhadap kinerja kader eksekutif dan legislatif PAN, agar dapat dipastikan kebijakan partai ini dapat berjalan konsisten.

Selain itu, Wakil Ketua Bidang Litbang DPW PAN Riau Peri Akri menegaskan, PAN Riau dan seluruh kadernya berkomitmen untuk mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam antisipasi penyebaran virus Corona di Riau.

“Kita PAN dan seluruh kader di Provinsi Riau, sampai hari ini akan selalu mendukung kebijakan Pak Gubernur. Ini pasti, termasuk dalam upaya antisipasi penyebaran virus Corona yang menjadi pandemi saat ini,” jelasnya.

“Kita sebagai partai pengusung utama Bapak Gubernur Riau dan kita komitmen mendukung dan mendorong pemerintah. Tetapi kita harus tetap kritis,” tegasnya.

Sebagai salah satu bentuk dukungan tersebut, DPW PAN Riau juga menyampaikan saran dan masukan kepada Gubernur Riau secara tertulis terkait bagaimana kondisi penanganan Covid-19 di Provinsi Riau.