oleh

Genjot Perhutanan Sosial, Intsiawati Ayus Serahkan Bantuan ‘Bang Pesona’ Senilai Rp100 Juta

SELATPANJANG – Setelah berhasil memperjuangkan terbitnya SK Izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakatan (IUPHKM), anggota DPD RI Dapil Riau Dr Intsiawati Ayus SH MH terus mendorong pelaksanaan program Perhutanan Sosial di Riau.

banner 300x250

Saat ini dia menyerahkan Bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang Pesona) kepada Kelompok Tani Bakti Raya Lukit di Desa Lukit, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Ada dua paket masing-masing senilai Rp50 juta bantuan Bang Pesona dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang kami serahkan. Pertama untuk KUPS Hutan Lukit Lestari bergerak dalam agroforestry dan KUPS Raja Kaya Lukit bergerak dalam bidang peternakan,” ujar Iin, panggilan akrab Dr Intsiawati Ayus SH di lokasi acara Kantor Desa Lukit, Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (20/10/2020) siang. 

Menurut Iin, bantuan Bang Pesona yang diserahkan itu merupakan stimulus untuk mendorong tujuan program Perhutanan Sosial yaitu melestarikan hutan dan mendekatkan masyarakat. Melalui bantuan ini kelompok tani akan membelanjakan bibit kayu hutan dan Multipurpose Tree Species (MPTS) berupa bibit pohon buah-buahan dan hijauan ternak. Selain itu juga untuk belanja ternak kambing dan setup lebah madu.

“Jadi bantuan ini juga bertujuan agar kelompok tani pemegang SK IUPHKM mengolah potensi ekonomi kawasan hutan untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujar Iin yang juga Ketua Kelompok (Fraksi) DPD RI ini. 

Dihadapan masyarakat yang hadir pada penyerahan bantuan tersebut Senator Riau yang memasuki periode ke empat ini mengungkapkan bahwa program Perhutanan Sosial adalah sangat strategis, penting dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Selain memberikan manfaat ekonomi, program Perhutanan Sosial juga memberikan aspek legal bagi masyarakat dalam mengelola kawasan hutan.

Pada kesempatan tersebut Iin juga menyerahkan bantuan pohon dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kepada Kelompok Tani Bakti Raya Lukit, menyaksikan penandatanganan piagam kemitraan antara PT RAPP Estate Pulau Padang dan PT Gemilang Cipta Nusantara dengan Kelompok Tani Bakti Raya Lukit dalam bidang penanggulangan Karhutla dan bantuan sarana pembibitan dan bantuan bibit pohon endemik Pulau Padang.

Selain itu Dr Intsiawati Ayus SH MH juga menerima penyerahan dokumen pengajuan program Perhutanan Sosial dengan total 122 hektar kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wahana Rimba Bestari di Desa Tanjung Darul Takzim, Tebing Tinggi Barat, Kemitraan Kehutanan kerjasama KPH Tebingtinggi dengan KTH Flamboyan, Desa Teluk Buntal, Tebingtinggi Timur serta KPH Tebingtinggi dengan KTH Sagu Makmur, Desa Tanjung Darul Takzim, Tebing Tinggi Barat. Semua dokumen akan diteruskan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.