oleh

18 Titik Api Terpantau di Bengkalis, Luas Lahan Terbakar Capai Puluhan Hektar

BENGKALIS-Sebanyak 18 titik api terpantau di wilayah Kabupaten Bengkalis. Sementara luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan hektar hingga Senin (22/2/2021).

banner 300x250

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudarris, mengatakan, berdasarkan data BMKG sejak Minggu (21/2/2021), ada 18 titik api di Bengkalis yang tersebar di Pulau Rupat (Sukarjo Mesim, Pergam), Tanjung Leban, Tasik Serai, Dungun Baru, Tanjung Medang, Air Kulim, Balai Pungut.

Sementara lahan yang terbakar terjadi di Kecamatan Rupat, yakni  di Desa Sukarjo Mesim mencapai 5 hektar,  Kelurahan Peregam 4 hektar dan Desa Dungun Baru 3 hektar.

Kemudian di Kecamatan Bandar Laksamana, kebakaran lahan milik PT SPM di Desa Tengayun. “Saat ini dari Pihak PT SPM sedang dilakukan pemadaman pusdatin dan rescue Bandar Laksamana terus melakukan koordinasi bersama pihak terkait, kemudian dua kebakaran lahan lagi di wilayah Bukit Sembilan, Desa Tanjung Leban,” ujar Tajul.

Selanjutnya di Kecamatan Talang Mandau, kebakaran lahan terjadi di hutan semak belukar dan perkebunan sawit, yang belum diketahui pemiliknya. Lokasinya tepat di Desa Tasik Serai, Jalan Dinamit RT 03 / RW 01 di koordinat, 1,2506N 101,5088E. Luasan lahan mencapai 30 hektar (ha).

“Saat ini tim gabungan  melakukan pemadaman di lokasi  sulitnya air untuk pemadaman, menjadi kendala petugas dilapangan,” ungkapnya.

Selanjutnya di Kecamatan Rupat Utara, tepatnya di Jalan Zainal Saleh, Dusun Parit Jawa, Desa Tanjung Medang seluas 0,1 hektar. Di Kecamatan Bathin Solapan seluas 9 hektar dan di Kecamatan Pinggir 0,5 hektar.