oleh

Maafkan Kekeliruan Keanu Soal Tanjak, LAM Pekanbaru Ingatkan Anak Muda Agar Cinta Adat dan Budaya Daerah

PEKANBARU – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru telah memberikan maaf kepada selebgram Keanu Angelo, yang sebelumnya di kecam karena mengenakan tanjak dan celana pendek. Hal itu terjadi saat Keanu menghadiri sebuah acara di Kota Pekanbaru, beberapa hari lalu.

Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Kota Pekanbaru, Datuk Sri Muspidauan menjelaskan, pihaknya sudah memahami bahwa apa yang dilakukan oleh Keanu merupakan kesalahpahaman. Pihak LAM Pekanbaru juga sudah mendapatkan klarifikasi langsung oleh panitia penyelenggara acara yang bersangkutan.

banner 300x250

“Kita sudah memaafkan. Ini soal kesalahpahaman saja,” ujarnya usai menggelar pertemuan dengan panitia penyelenggara acara di Balai LAM Kota Pekanbaru, Selasa (6/4/2021) malam.

Sementara itu, Datuk Sri Muspidauan juga memberikan pesan agar para kaum muda selalu mencintai adat dan budaya daerah. Sehingga dapat lebih menghargai dan memahami pentingnya budaya tersebut untuk dilestarikan.

“Khusus untuk anak muda, agar selalu berpedoman pada aturan penggunaan atribut warisan dan budaya,” pesannya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah memberikan pandangan dan pesan kepada pihak panitia, berkaitan dengan adat dan istiadat kebudayaan Melayu, terutama penggunaan tanjak.

“Mereka juga mengakui bahwa kedepan mereka ingin mempelajari bagaimana budaya Melayu tersebut. Kami sudah memaafkan, ini adalah pertemuan yang membawa suatu hikmah lebih besar daripada permasalahan yang kecil,” jelasnya.

Ia juga berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi kaum muda lain dan menjadi antusias terhadap adat dan budaya daerah, khususnya Melayu. Menurutnya, ada banyak situs yang dapat dikunjungi untuk memperoleh pengetahuan, seperti Balai Adat LAM setempat.

“Mari sama-sama kita perkenalkan budaya Melayu kepada masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat internasional,” pintanya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara acara itu, Adha mengaku salah karena pihaknya tak mengingatkan Keanu soal adab dan aturan menggunakan Tanjak.

Hal itu, kata Adha, lantaran panitia terfokus terhadap penerapan aturan protokol kesehatan (Prokes) di lokasi acara.

“Jadi waktu itu, pihak talent (Keanu) itu tertarik dengan Tanjak yang ada di toko dan langsung memakai Tanjak tersebut. Kami dari tim panitia harusnya mengingat beliau dengan menggunakan pakaian yang lebih tepat,” terangnya.

“Namun, karena kami fokus dengan Prokes di lokasi, kami khilaf dan kami salah tidak mengingatkan. Jadi pihak talent ini tidak mengetahui bahwa dalam memakai Tanjak itu harus menggunakan baju yang pantas. Oleh sebab itu kami meminta maaf kepada pihak LAM,” tambahnya.