oleh

Percontohan di Riau, Kampung Tertib Lalin yang Digagas Satlantas Polres Siak Dipuji Tim Korlantas Mabes Polri

SIAK – Satlantas Polres Siak memang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat inovasi baru dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas. Dalam kegiatan penilaian Kawasan Kampung Tertib Lalu Lintas di Komplek Persada Indah I Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang, karya Satlantas Polres Siak dan jajarannya ini dipuji oleh Tim Korlantas Mabes Polri yang datang sebagai penilai.

Sosialisasi tertib lalu lintas yang dibuat oleh Satlantas Polres Siak sangat kreatif. Bukan seperti sosialisasi dalam acara, melainkan dalam bentuk gambar terkait lalu lintas yang dilukis pada tembok masuk ke perumahan KPR I Kelurahan Perawang. Selain itu juga ada taman lalulintas serta mobil pustaka keliling milik Polres Siak. Komplek perumahan KPR I ini menjadi kampung percontohan tertib lalulintas di Provinsi Riau.

banner 300x250

Ketua perumahan KPR I Sujarwanta Jarot, Tokoh masyarakat Kecamatan Tualang serta Kasat Lantas Polres Siak AKP Rosna Meilani SIK yang didampingi Panit I Lantas Polsek Tualang Iptu Ramadhan SH Msi dan Kanit Dikyasa Aipda Zidefri SH tentunya menyambut baik kedatangan tim Korlantas Mabes Polri yang dipimpin AKBP Arif Bahtiar SIK dan rombongan Ditlantas Polda Riau Kompol Reni Dewita,Rabu (7/4/2021) pagi tadi.

Kasat Lantas Polres Siak AKP Rosna Meilani SIK mengajak Tim Korlantas Mabes Polri dan Ditlantas Polda Riau mengelilingi Perumahan KPR I yang menjadi kampung percontohan tertib berlalulintas.

Dalam pengamatannya, AKBP Arif Bahtiar melihat sarana dan prasarana yang ada di kampung tertib lalulintas, seperti marka jalan, rambu lalulintas dan taman lalulintas serta mobil pustaka keliling milik Polres Siak sudah lengkap. Dan sangat mudah bagi menyadarkan atau mengingatkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas melalui inovasi yang dibuat Satlantas Polres Siak ini.

“Kampung Tertib Lalulintas Kelurahan Perawang sangat luar biasa. Semoga ini bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi untuk kedepan. Persyaratan untuk menjadi Kampung Tertib Lalulintas sudah terpenuhi dan memadai, meski masi terdapat sedikit yang harus dibenahi, tapi itu tidak terlalu berarti,” beber AKBP Arif.

AKBP Arif juga melihat penerangan jalan di kampung itu audah sangat baik sekali, jalur pejalan kaki dan pesepeda sudah ada juga, ini merupakan salah satu pengenalan kepada masyarakat untuk tertib berlalulintas di jalan raya nantinya.

“Kita berharap, Kampung tertib lalulintas di Kelurahan Perawang ini lebih ditingkatkan lagi guna menciptakan situasi Kamsibterlancar guna mendukung program Bapak Kapolri dan Bapak Kakorlantas,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua Perumahan KPR I, Sujarwanta Djarot mengatakan, jumlah warga diperumahan KPR I terdiri dari 1.200 KK dan Tiga RW. Djarot yakin masyarakat akan malu jika tidak menerapkan tertib lalu lintas saat berkendara.

“Kampung tertib lalulintas di perumahan KPR I ini sudah ada sejak tahun 2018 lalu, sekarang hanya lebih ditingkatkan lagi dan kedepan harus lebih kita mapankan lagi,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, AKBP Arif memberikan sejumlah buku bacaan terkait lalulintas untuk Pustaka keliling Polres Siak, yang diterima langsung oleh Kasat Lantas Polres Siak AKP Rosna Meilani SIK didampingi Kanit Dikyasa Aipda Zidefri SH.