oleh

Pemkab Kepulauan Meranti Perbolehkan Salat Idul Fitri di Lapangan Terbuka dan Masjid, Begini Ketentuannya

SELATPANJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti memperbolehkan agar pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi dilaksanakan di lapangan terbuka maupun di masjid. Hal ini dikarenakan wilayah di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu masih didominasi zona hijau.

“Saat ini rata-rata wilayah kita masih zona hijau, walaupun beberapa ada yang zona kuning,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Minggu (9/5/2021).

banner 300x250

Walaupun demikian dirinya menegaskan aturan yang diberlakukan Pemkab Kepulauan Meranti adalah pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Selain itu orang yang hadir di lapangan maupun di masjid harus 50 persen dari kapasitas maksimal.

“Yang jelas seluruhnya itu kapasitasnya 50 persen, baik itu kapasitas musala, masjid jadi diisi tidak full,” tegas Kamsol.

Walaupun demikian Kamsol mengatakan hal itu baru sekedar imbauan mengingat Salat Ied adalah ritual keagamaan. Kamsol juga mengatakan bahwa Pemkab Kepulauan Meranti nantinya akan melaksanakan Salat Ied di halaman kantor Bupati Kepulauan Meranti.

“Walaupun demikian, pimpinan bersama Forkopimda memandang lapangan itu lebih kondusif daripada dalam ruangan,” tuturnya.

Dia juga memastikan bahwa pada saat pelaksanaan Salat Ied di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti nantinya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi harus tetap menjaga jarak, memakai masker dan jika perlu pakai sarung tangan. Sudah itu jangan melakukan yang sering dlakukan setelah sholat itu jangan ada salam-salaman jangan ada peluk-pelukan” pungkasnya.