oleh

Gerak 7.000 Santri Aa Gym Refleksikan Nilai Islam Lewat Bersih-bersih Lokasi Aksi 1712

JAKARTA – Sekitar 7.000 relawan dari Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung terlibat dalam aksi bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Tak hanya menyuarakan dukungan terhadap Palestina, para relawan juga diterjunkan khusus untuk menjadi tim pembersih sampah.

(BACA JUGA: Bangsa Indonesia Solid Menentang AS Soal Klaim Yerusalem)

banner 300x250

Bernama Tim BRTT (Bersih, Rapi, Tertib dan Teratur), para relawan dari pesantren yang dibimbing oleh ulama kondang, Abudllah Gymnastiar atau Aa Gym ini disebar di sejumlah titik di kawasan Monas. Setiap tim yang disebar dipersenjatai dengan kantong sampah berukuran besar dan sejumlah sapu lidi

Seorang relawan yang Okezone temui, Yuda (21) mengatakan, ia bersama ribuan relawan lain telah berada di kawasan Monas sejak Minggu, dini hari, (17/12/2017). “Berangkat dari Bandung jam 1 tadi malam menggunakan bus. Yang daftar ada 9.000 tapi yang berangkat sekitar 7.000 relawan,” kata Yuda.

(BACA JUGA: Aa Gym: Israel Takut Ketika Umat Islam Bersatu)

Bagi para relawan, kegiatan bersih-bersih yang mereka lakukan merupakan bagian dari pengamalan keimanan mereka. Maka, aksi yang mereka anggap sakral ini tidak boleh dinodai dengan ceceran sampah di lokasi aksi.

Selain melakukan bersih-bersih, para relawan juga diutus untuk membagikan minuman dan berbagai bentuk logistik lain yang diperuntukkan bagi para peserta aksi. “Datang bersih, pulang harus bersih. Selain kebersihan, tim juga dibagi untuk pembagian minuman dan logistik kepada peserta aksi,” jelas Yuda.

(ydp)

(amr)