oleh

Barcelona Tebus Coutinho Rp2,9 Triliun

LIVERPOOL – Rumor transfer Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona semakin liar. Hal itu setelah apparel asal Amerika Serikat yang juga mensponsori Barcelona, Nike, membuat hal kontroversial. Pada Minggu 31 Desember 2017, mereka mengungkapkan bahwa jersey Barcelona dengan nama Coutinho sudah bisa dipesan hingga tanggal 6 Januari 2018.

Hal itu sontak memunculkan spekulasi yang mengatakan Barcelona sudah resmi mendapatkan Coutinho dari Liverpool. Sekarang yang jadi pertanyaan, berapa dana yang dikeluarkan Blaugrana –julukan Barcelona– untuk mendaratkan Coutinho ke Estadio Camp Nou?

banner 300x250

Seperti diberitakan Onda Cena Radio,Selasa (2/1/2018), Barcelona menebus Coutinho dengan harga 180 juta euro atau sekira Rp2,9 triliun. Nominal itu lebih tinggi ketimbang angka yang disebutkan sebelumnya, yakni 132 juta pounds atau setara Rp2,4 triliun.

BACA JUGA: Klopp Tak Peduli soal Kepindahan Coutinho ke Barcelona yang Dibocorkan Nike

Jika benar, harga Coutinho berarti setara dengan Kylian Mbappe. Untuk memermanenkan status Mbappe dari AS Monaco, Paris Saint-Germain (PSG) akan mengeluarkan 180 juta euro. Karena itu, Coutinho untuk sementara waktu akan berstatus sebagai pemain termahal kedua, di bawah Neymar Jr yang diboyong PSG dari Barcelona seharga 222 juta euro atau sekira Rp3,5 triliun pada musim panas 2017.

Kembali ke Coutinho. Tidak heran gelandang berusia 25 tahun itu dihargai mahal. Coutinho tampil apik bersama Liverpool musim ini. Hanya dari 20 penampilan di semua ajang, Coutinho sudah mengemas 12 gol dan sembilan assist.

BACA JUGA: Pemain Ini Tinggalkan Barcelona jika Coutinho Datang

Nantinya bersama Barcelona, Coutinho akan diperankan sebagai winger kiri dalam pola 4-3-3 racikan Ernesto Valverde. Coutinho akan mengisi lini depan Barcelona bersama dua pemain tajam, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Namun sayang, Coutinho tak dapat dimainkan Barcelona di Liga Champions 2017-2018. Hal itu karena Coutinho sudah membela Liverpool di Fase Grup Liga Champions musim ini. Dengan begitu, tenaga Coutinho hanya bisa dimanfaatkan di dua ajang domestik, Liga Spanyol dan Copa del Rey.

(Ram)