oleh

“Bidadari” Aswari-Irwansyah Sebut Pelayanan Kesehatan di Sumsel Akan Dilakukan Secara “Jemput Bola”

PALEMBANG – Saat istri Aswari-Irwansyah, Rukmi Kurnia Sismartianti atau Bunda Lisa dan Dessy Ayu Trisna mengunjungi Posyandu Mekarsari di Sentosa, Palembang. Kuneng Rehata (53) selaku ketua Posyandu setempat bercerita soal kurangnya kebutuhan posyandu, terutama soal dokter.

Kuneng melanjutkan, saat ini posyandu sangat membutuhkan dokter yang diharapkan dapat rutin satu bulan sekali mengadakan pemeriksaan. Tujuannya ialah untuk mendeteksi penyakit anak sedari dini.

banner 300x250

“Mereka itu kan kebanyakan kelas menengah ke bawah. Untuk mencapai ke dokter itu sulit, palingan ke puskesmas terdekat. Kalau ada sebulan sekali di sini bisa sharing kepada dokter yang ditugaskan,” ungkap Kuneng saat ditemui.

Menanggapi hal tersebut, Lisa yang saat itu berkunjung bersama Dessy mengatakan jika Aswari-Irwansyah terpilih untuk memimpin Sumatera Selatan akan melanjutkan program berobat gratis dan memaksimalkan fasilitas posyandu seperti hadirnya dokter umum.

“Insya Allah dokter umum ya (hadir di posyandu) biar bisa (untuk berobat atau konsultasi) anak dan orang tuanya. Dari Gerindra sendiri ada perobatan atau pelayanan gratis yang sudah ada sejak lama,” ungkap Ibu empat anak ini.

Dessy menambahkan, sistem jemput bola pelayanan kesehatan oleh dokter akan dilakukan nantinya. Dokter akan menghampiri masyarakat Sumsel langsung. Sehingga mempermudah pelayanan pada masyarakat.

“Tidak akan menjadi sulit untuk mewujudkan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola. Insya Allah di saat semua kemudahan teknologi digital membuat semuanya lebih mudah. Jadi tidak ada lagi istilah telat berobat,” ungkap Dessy yang saat ini sedang mengandung.

Masih di lokasi yang sama, turut hadir Sujarwoto selaku Wakil Ketua DPD Gerindra Sumsel yang juga anggota DPRD Fraksi Gerindra Provinsi Sumatera Selatan. Soal pelayanan kesehatan Gerindra sebagai salah satu partai yang mendukung Aswari-Irwansyah di pilkada Sumsel 2018-2023 ini sudah melaksanakan program berobat gratis setiap harinya.

Sementara untuk Aswari-Irwansyah sendiri memiliki salah satu program andalan dalam bidang kesehatan yakni Klinik Desa. Nantinya akan dibangun klinik di setiap desa sebagai perpanjangan pelayanan Puskesmas di tingkat kecamatan.

Program ini dibutuhkan bukan saja untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat di tingkat desa, namun terutama untuk membangun kebiasaan hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan lebih awal sebelum warga menderita penyakit yang lebih parah dan membutuhkan pertolongan lanjutan.

“Gerindra sudah bikin program berobat gratis setiap hari kecuali sabtu dan minggu di Veteran dekat kantor DPD Gerindra dan DPC jalan bidar. Kalau BPJS dirasa sulit silakan ibu ke sana,” ungkap Sujarwoto menambahkan.

(kha)