oleh

Pembangunan Sentra IKM Sagu di Sungaitohor Sudah Berjalan 80 Persen

SELATPANJANG – Pengawas pembangunan Sentra IKM Sagu Kepulauan Meranti, Riau di Sungaitohor mengatakan pembangunan telah berjalan 80 persen. Kalau pun tak tuntas hingga akhir tahun, pengerjaan dimaksimalkan bisa mencapai 90 persen.

Pengawas proyek, Muji kepada Wakil Bupati H Said Hasyim mengatakan proses pembangunan telah dilakukan semaksimal mungkin. Pekerjaan digesa siang malam, tiap hari hingga pukul 22.00 WIB.

banner 300x250

Dari proses pengerjaan kejar target tersebut, diakui Muji, tahap pembangunan sudah mencapai 80 persen. Namun diakuinya juga waktu yang tersisa hingga akhir tahun sangat mepet, meski begitu para pekerja akan berusaha menuntaskan pembangunan.

“Jikapun tidak tuntas paling tidak pembangunan akan mencapai 90 persen,” papar Muji.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Meranti Said Hasyim didampingi Kadis PU Meranti H Herman, Kabag Humas dan Protokol Meranti Heri Saputra, mengucapkan apresiasi atas kinerja pelaksana proyek.

Wakil Bupati menilai proses pembangunan yang dilaksanakan sejak bulan 7 lalu itu, sudah cukup baik. Hanya saja kondisi alam yang cukup berat membuat proses pembangunan sedikit lambat. 

Namun Said Hasyim tetap berharap, hingga akhir tahun 2018 nanti proses pembangunan Centra IKM Sagu yang terletak di Sungaitohor ini dapat dituntaskan, dan segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang pastinya sudah sangat menunggu-nunggu.

”Ini adalah upaya Pemkab. Meranti membantu masyarakat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan, dengan adanya Centra IKM Sagu ini masyarakat dapat memproduksi langsung Tepung Sagu Basah dan Kering yang diolah menjadi berbagai turunannya plus Pakaging, semoga bermanfaat,” kata Said Hasyim.

Proyek Pembangunan Sentra IKM Sagu di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur itu dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindag RI dengan Pagu Anggaran sebesar Rp17,8 miliar lebih.

Menurut perencanaan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur penunjang, mulai dari Gedung IKM Produksi, Gedung Sagu Basah, Gedung Sagu Kering, IKM Sagu Kering, Dermaga, Jalan Beton, Ruang Ipal, Ruang Ipak, dan Ruang Genset. (rls)