oleh

Di Meranti, Ganti Suket dengan e-KTP Cukup Melalui WhatsApp

SELATPANJANG – Disdukcapil Kepulauan Meranti mempermudah bagi yang ingin mengganti Suket (surat keterangan) dengan e-KTP. Warga tak perlu ke Kantor Disduk, cukup melalui chatting WhatsApp.

Menurut Kabid Kependudukan Disdukcapil Kepulauan Meranti, Budi Hartoyo, setidaknya mereka telah mengeluarkan sekitar 1.362 lembar surat keterangan (Suket). Suket ini diberikan kepada warga yang telah merekam data namun belum dilakukan pencetakan KTP elektronik (e-KTP).

banner 300x250

Nantinya, tambah Budi, Suket ini harus diganti dengan e-KTP. Terutama untuk kepentingan Pemilu Serentak tahun 2019. Dimana, selain e-KTP, warga tak bisa memberikan hak suara.

Bagi warga yang hendak menggantikan Suket dengan e-KTP, caranya sudah cukup mudah. Bidang Kependudukan Disdukcapil Kepulauan Meranti memuka pesan WhatsApp online yang siap melayani warga.

“Mereka yang hendak mengganti Suket dengan e-KTP tak perlu ke kantor. Cukup fotokan Suket nya lalu kirim ke nomor WhatsApp kami. Nanti ada petugas yang melayani melalui aplikasi itu,” kata Budi Hartoyo.

Hingga Desember 2018, blanko e-KTP masih tersedia lebih kurang 1.700-an.

Adapun nomor WhatsApp yang digunakan untuk proses penggantian Suket ke e-KTP adalah 082139300052. “Kalau sudah siap e-KTP nya, kita hubungi lagi melalui WA dan mereka bisa langsung menjemput dengan membawa Suket,” jelas Budi, Rabu (5/12/2018).