oleh

BBKSDA Riau Evakuasi Buaya Tangkapan Warga di Benai Kuansing

Tim Rescue BBKSDA Riau saat mengevakuasi buaya muara yang berhasil ditangkap warga Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing, Riau.

PEKANBARU – Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi buaya muara (Crocodylus Porosus) yang ditangkap warga Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Minggu (9/12/2018).

Kepala BBKSDA, Suharyono kepada GoRiau.com mengatakan, setelah pihaknya mendapatkan laporan adanya buaya yang terperangkap di saluran irigasi persawahan di Desa Talontam, Kecamatan Benai, tim rescue segera menuju lokasi pada hari yang sama.

banner 300x250

“Setibanya tim di lokasi tersebut, didapati buaya telah ditangkap oleh warga dan diamankan di Polsek Benai,” kata Suharyono, Senin (10/12/2018) pagi.

Dikatakannya, Kepala Seksi Wilayah l  bersama anggota tambahan tiba di lokasi dan melakukan koordinasi dengan Camat, Polsek dan Kepala Desa Talontam untuk mengamankan satu ekor Buaya Muara (Crocodylus porosus).

“Berdasarkan observasi yang dikumpulkan dan menyaksikan kondisi lapangan, buaya muncul akibat meluapnya volume air Sungai Kuantan, sehingga buaya terjebak masuk ke aliran irigasi,” ujarnya.

Selanjutnya buaya tersebut dibawa ke penitipan satwa di Kebun Binatang Kasang Kulim.