oleh

Arief Yahya Jadi Menteri Pertama yang Datang ke Kuantan Singingi Membuka Pacu Jalur

KUANTAN SINGINGI – Arief Yahya menjadi menteri pertama yang membuka secara resmi pacu jalur sejak Kuansing berpisah dari Indragiri Hulu. Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Rabu (21/8/2019) besok, ikut membuka Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa, Sungai Kuantan.

Kebanggaan masyarakat Kuansing juga pernah dirasakan saat Wakil Presiden RI Jusif Kalla membuka Festival Pacu Jalur tahun 2006.

banner 300x250

“Kami juga bangga, Pacu Jalur tahun dihadiri Gubernur Riau baru kita, Pak Syamsuar,” kata Ketua Gerakan Pesona Riau (Genpi) Osvian Putra saat jamuan makan malam bersama Menpar RI Arief Yahya bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Wakil Bupati Kuansing H. Halim, dan Forkompida Kuansing.

Osvian menyebutkan, saat ini sumber daya alam di Kuansing sudah tidak bisa diharapkan lagi dan semakin hari semakin berkurang. “Sekarang masa depan Kuansing saat ini ada pada dunia pariwisata, terutama pacu jalur,” ujar Osvian.

Pada kesempatan itu, Syamsuar mengatakan, memang pertama kali menteri datang ke Kuansing, yaitu Menpar RI Arief Yahya. Syamsuar juga kagum dengan semangat kerja yang ditunjukkan Menpar Arief Yahya.

“Banyak kami belajar dari Pak Menteri, bagaimana beliau mengusai objek wisata kemudian mengambil kesempatan letak geografis Riau dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura,” ungkap Syamsuar.

Pemerintah Provinsi Riau, sambung Syamsuar, sangat komitmen dan berharap Menpar membantu memajukan pariwisata Riau. Bagi Syamsuar, saat ini minyak bumi, sawit, dan lainnya di Riau tidak bisa menjadi harapan.

Menurut Syamsuar, Riau memiliki generasi milenial yang kreatif menggali potensi daerah. Bahkan di salah satu desa, pariwisata sudah menjadi pendapatan masyarakatnya. “Mimpi saya, ke depan Pacu Jalur di Kuansing ini tidak saja di tingkat nasional namun sudah ke tingkat International,” jelas Syamsuar.