oleh

Nomor 2 di Riau, Pemkab Luncurkan Siak Live Room dan Layanan Darurat Call Center Siaga 112

SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak meluncurkan fasilitas Command Center Siak Live Room yang berada di Ruang Bandar Serai Kantor Bupati Siak beberapa hari lalu. Fasilitas canggih berbasis teknologi komunikasi tersebut kedepan akan menjadi pusat perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan dalam merespon suatu kejadian penting atau darurat di Kabupaten Siak.

Berbagai aktifitas Aparatur Sipil Negara hingga masyarakat juga akan terpantau secara langsung melalui layar besar yang berada kantor maupun smartphone Bupati Siak Alfedri lewat aplikasi yang tersedia.

banner 300x250

Selain itu, dalam Siak Live Room juga mencakup fasilitas video conference yang memungkinkan Bupati Alfedri berkomunikasi tatap muka dengan aparatur pemerintahan yang berada di kecamatan terjauh sekalipun seperti di Kecamatan Kerinci Kanan dan Kecamatan Kandis.

“Selain dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi antar Pemerintah di lingkup Kabupaten Siak, ini juga bisa untuk komunikasi dengan Kabupaten dan Kota, Pemerintah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat bila diperlukan,” Bupati Siak, Alfedri, Jumat (14/2/2020).

Bupati Siak Alfedri saat memberikan sambutannya menyebut fasilitas Siak Live Room dan layanan Call Center Siak Siaga 112 ini merupakan bagian dari jawaban dan tantangan Pemerintah Kabupaten Siak dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam situasi darurat yang cepat, tepat dan efisien.

“Sebagaimana kita ketahui bersama Kabupaten Siak juga merupakan daerah yang rawan terjadi karhutla. Adanya Call Center Siak Siaga 112 ini, akan mempermudah masyarakat melaporkan kemunculan titik api. Selain itu fasilitas video conference juga akan mempermudah para camat melaporkan peristiwa penting yang terjadi di wilayahnya,” kata Bupati Alfedri.

Selain itu, layanan Siak Live Room dan call center 112 ini kata orang nomor satu negeri istana itu merupakan bagian dari program smart city, yang dapat diakses bebas pulsa di semua operator baik melalui telephone seluler maupun melalui telephone rumah, dan beroperasi selama 24 jam.

Yang paling menarik bagi masyarakat Negeri Istana, tentunya layanan Call Center tanggap darurat Siak Siaga 112, yang diiinisiasi Kementerian Kominfo RI untuk memudahkan penelpon dalam meminta pertolongan dalam situasi darurat seperti tindak kejahatan, kebakaran atau kecelakaan, dan sakit mendadak dan lain sebagainya.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ahmad M. Ramli yang turut menghadiri seremonial peluncuran Siak Live Room mengatakan layanan Call center 112 ini merupakan yang kedua di Riau.

“Dan akan menjadi nomor tunggal bebas pulsa yang memudahkan setiap orang mendapatkan bantuan dalam kondisi darurat, kemudian meneruskan laporan ke dinas-dinas terkait untuk mendapatkan respons secepatnya. Layanan Siak Siaga 112 juga akan memandu untuk melakukan tindakan-tindakan yang perlu diambil sesuai dengan kondisi darurat yang dialami pelapor,” katanya.