oleh

Pemprov Riau Alokasikan Rp 11 Miliar untuk Tangani Covid-19

PEKANBARU – Untuk penanganan pandemi virus corona atau covid-19 di Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyiapkan Dana Tak Terduga (DTT) sekitar Rp11 miliar lebih. Penggunaan anggaran ini telah ada petunjuknya dari Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menpan RB.

“Masyarakat jangan risau. Sebab kita sudah mempersiapkan dana tak terduga sekitar Rp11 miliar lebih untuk penanganan virus corona. Ini merupakan tanggungjawab pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (19/3/2020).

banner 300x250

Penggunaan dana dari APBN dan APBD untuk penanganan virus corona di daerah, dikatakan Syamsuar, sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan oleh Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menpan RB.

“Pemerintah daerah merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat akan bekerja sesuai petunjuk yang sudah diberikan dalam penggunaan dana tersebut,” tegas Syamsuar.

Syamsuar, saat melakukan video conference dengan sejumlah kepala daerah di Riau, juga mengingatkan pentingnya melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Yang sudah menjadi kebijakan presiden hari ini, mari bersama-sama kita taati dan akan menjadi bahan kita dalam penanganan penyebaran virus corona di daerah,” ungkap Syamsuar.

Dalam rangka membatasi penyebaran virus Corona di Riau, Syamsuar mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menghentikan kegiatan yang tidak terlalu mendesak dan penting.

“Intinya Riau siap menggunakan APBD dan DTT untuk menangani virus corona untuk menjaga masyarakat Riau dari pandemi ini,” jelas Syamsuar.