oleh

Riau akan Dirikan Laboratorium Uji Sample Darah Suspect Corona

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berupaya melakukan antisipasi cepat melawan pandemi virus Corona (Covid-19) di Bumi Lancang Kuning. Salah satu langkah cepat untuk antisipasi penyebaran corona adalah dengan mendirikan laboratorium uji sample darah pasien suspect Corona.

“Rencananya kita akan menyiapkan laboratorium untuk uji sample darah pasien suspect Corona mengingat waktu yang panjang jika sample darah harus dikirim ke Balitbangkes, Kemenkes di Jakarta,” kata Gubernur Riau, Syamsuar kepada GoRiau.com, Jumat (20/3/2020).

banner 300x250

Saat pertemuan dengan dokter, perawat, dosen hingga perusahaan besar, kemarin, dikatakan Syamsuar, telah disepakati laboratorium yang akan digunakan untuk pengujian sample darah pasien suspect Corona adalah Laboratorium Kesehatan Peternakan Riau.

“Nantinya kita akan memanfaatkannya untuk laboratorium pengujian sampel virus corona. Kita ajukan terlebih dahulu izin ke Kementerian Kesehatan RI, agar Riau diberikan kesempatan membuat laboratorium ini,” ungkap Syamsuar.

Syamsuar berharap, dengan adanya izin tersebut, bisa memangkas waktu jika sampel harus dikirim ke Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta. Selain itu, mengingat keakuratan dari sample darah jika dilakukan di Riau.

“Semoga izinnya bisa diberikan cepat dari Kemenkes RI ke Pemprov Riau. Kita imbau juga masyarakat untuk tidak panik dan tetap melakukan pola hidup sehat setiap harinya,” jelas Syamsuar.