oleh

Berlatih Mandiri di Rumah, Perpani Perkirakan Kemampuan Atletnya Menurun

PEKANBARU – Meski harus mempersiapkan diri untuk mengemban tugas mengharumkan nama daerah dalam pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang, namun para atlet yang lolos menuju PON itu terpaksa hanya berlatih mandiri di rumah, demi mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Wakil Ketua II Pengcab Perpani Kota Pekanbaru, Muslim mengatakan, dengan hanya berlatih mandiri di rumah, diakui kemampuan para atletnya akan menurun. Namun demikian, setidaknya apabila atletnya tetap disiplin berlatih, kondisi fisik sang atlet bisa dipertahankan.

banner 300x250

“Karena keadaan, mau tidak mau harus berlatih di rumah, laporannya di berikan melalui video. Memang banyak kelemahannya, karena kita tidak bisa melakukan evaluasi pertandingan, hanya setidaknya mempertahankan kondisi fisik para atlet agar tidak turun,” jelasnya, Jumat, (27/3/2020).

“Kalau kemampuan, otomatis akan berkurang,” paparnya.

Menurut Muslim, untuk cabang olahraga (Cabor) panahan, ada 4 atletnya yang lolos mengikuti PON 2020 mendatang. Keempatnya merupakan putra untuk nomor nasional, beregu dan perorangan.

Meski hanya menargetkan satu emas, ia mengatakan menjaga kondisi fisik para atlet tetap sangat penting. Pasalnya, apabila kondisi fisik turun, akan butuh waktu lama untuk mengembalikannya seperti semula.

“Untuk mengulang (mengembalikan) keadaan fisik yang sudah berkurang 30 persen itu, 3 bulan belum tentu bisa. Maka untuk yang mendesak, atlet yang ikut PON saya bawa ke rumah untuk berlatih,” jelasnya.