oleh

Lewat Pelabuhan Dumai dan Meranti, 641 TKI Dipulangkan dari Malaysia

PEKANBARU – Pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) terus berlanjut melalui wilayah Riau. Jumat (23/3/2020), 641 TKI dipulangkan lewat Pelabuhan Dumai dan Meranti.

“Ada dua lokasi pelabuhan pemulangan TKI hari ini. Melalui pelabuhan di Dumai dan Pelabuhan Kabupaten Meranti,” kata Kepala Kominfo Provinsi Riau, Chairul Riski kepada detikcom sebagaimana dikutip GoRiau.com, Jumat (27/3/2020).

banner 300x250

Riski menjelaskan, gelombang pemulangan sebagian lewat pelabuhan Dumai sebanyak 61 orang. Mereka ini sebelumnya lebih dulu transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri.

Kemudian, terdapat 580 TKI yang dipulangkan lewat pelabuhan di Kabupaten Meranti. “Mereka ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh KKP di Tanjungbalai Karimun. Dari hasil pemeriksaan tim medis, para TKI dalam kondisi sehat dan belum terindikasi suspect corona,” kata Riski.

Para TKI ini, kata Riski, berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia seperti Riau, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar). Status para TKI ini masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) selama 14 hari ke depan.

“Diperkirakan hingga dua pekan ke depan masih ada pemulangan TKI lainnya. Mereka dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing,” kata Riski.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 21 TKI dari Malaysia sudah tiba di pelabuhan Dumai setelah transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri. Para TKI ini dilaporkan berasal dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Sumut, dan Aceh.

Para TKI itu kembali ke Tanah Air karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan lockdown akibat pandemi Covid-19.