oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Baznas Meranti Terapkan Protokol Pencegahan di Desa Centai

SELATPANJANG – Berada di wilayah yang berdekatan dengan negeri jiran menjadikan Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti berada dalam posisi siap-siaga, apalagi salah satu desa di Provinsi Riau ini warganya banyak yang merantau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. pandemi Corona yang sudah merebak sebagai wabah global ini juga berimbas dengan banyaknya TKI yang kembali pulang ke kampung halaman, salah satunya ke Desa Centai ini.

Baznas yang sudah menerapkan protokol pencegahan dampak Covid-19 ini juga melakukan hal yang sama pada Desa Zakat Community Development yang tersebar di 107 titik diseluruh Indonesia. Kampung Tanggap Corona adalah program yang diusung ZCD dalam mencegah penyebaran virus Corona ini. Aktivitas yang dilakukan di Desa Centai melibatkan stakeholder terkait, yaitu Pemerintah Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau, Puskesmas Pulau Merbau, dan Babinkamtibmas Desa Centai.

banner 300x250

Sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat, makanan dengan gizi berimbang, dan penyemprotan fasilitas umum dan rumah produksi mustahik dengan disinfektan menjadi kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (31/3/2020). Total sebanyak 38 orang turun dalam kegiatan seharian ini mulai sosialisasi, pemasangan spanduk dan poster, sampai pada penyemprotan disinfektan.

Warga Desa Centai yang bekerja di Malaysia dan sudah kembali sebanyak 63 orang dengan 3 orang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), 6 orang sudah melewati masa karantina, dan 54 orang masih masuk masa karantina dan wajib melaporkan kondisinya ke Poskesdes.

Penyemprotan disinfektan dimulai pukul 11.00-16.00 WIB pada fasilitas umum, seperti kantor Kepala Desa, Poskesdes, masjid/mushala, sekolah, bengkel, warung, dan rumah warga yang anggota keluarganya baru kembali dari Malaysia serta kandang ternak. Aktivitas disinfeksi ini terbagi dalam 3 kelompok yang dipandu masing-masing oleh Kepala Dusun, RW dan RT setempat.

Tidak hanya itu, pihak desa bersama Babinkamtibmas Desa Centai juga melakukan patroli untuk mencegah adanya warga berkumpul dalam jumlah tertentu yang beresiko pada penyebaran virus. Posko Utama pengaduan dan pencegahan Covid-19 Kecamatan Pulau Merbau berada di Puskesmas Kecamatan, sementara Poskesdes melakukan pemeriksaan rutin kesehatan warga terutama bagi mereka yang baru kembali dari luar negeri sambil mensosialisasikan dan memberikan pemahaman tentang Covid-19 kepada masyarakat umum.

Adapun pelaksana kegiatan ini adalah Sahabat ZCD, Misbahul Munir, bersama Kades Centai, Muhammad Allatif, SSos dan jajaran, Pemerintah Kecamatan Pulau Merbau diwakili Kasi Pemerintahan, Zaujar, Puskesmas Kecamatan Pulau Merbau diwakili oleh Syahlizasyah, Polres Kepulauan Meranti diwakili Babinkamtibmas Desa Centai Azizon serta pihak terkait lainnya.

“Semoga ikhtiar ini menjadi wasilah untuk punahnya wabah virus Corona yang melanda bangsa Indonesia,” ungkap Misbahul Munir. (rls)