oleh

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Minta Walikota Tutup Akses Masuk ke Kota Pekanbaru

PEKANBARU – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) DPRD Kota Pekanbaru meminta Walikota Pekanbaru untuk menutup seluruh akses masuk ke Kota Pekanbaru untuk memutus mata rantai pandemi virus Corona (Covid-19) yang semakin banyak memakan korban.

Perihal ini diminta berdasarkan hasil rapat internal yang dilakukan oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Pekanbaru pada Kamis (2/4/2020) sore, yang dipimpin oleh Ketua Fraksi Dapot Sinaga, dan dihadiri anggota Fraksi Robin Eduar, Davit Marihot Silaban dan Heri Kawi Hutasoit

banner 300x250

“Kita minta Walikota untuk menutup akses mobilisasi manusia dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi yang menuju Kota Pekanbaru. Kecuali logistik itu harus masuk,” tegas Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Pekanbaru, Dapot Sinaga, Kamis (02/03/2020).

Selanjutnya Dapot menyebut bahwa jika akses keluar masuk menuju Kota Pekanbaru tidak segera ditutup, maka kekhawatiran terhadap meningkatnya Virus asal China tersebut akan semakin memburuk.

“Kita tidak tau orang yang masuk ke Pekanbaru ini membawa wabah Covid-19 atau tidak, jadi kalau bisa Walikota berani ambil kebijakan seperti ini. Contoh China, mereka cepat ambil tindakan dan terbukti virus itu dapat teratasi,” jelasnya.

Kendati akses masuk atau keluar Pekanbaru ditutup, namun masyarakat Pekanbaru masih bisa berkegiatan dengan semana mestinya. Tentu hal tersebut berbeda dengan Lock Down yang mana pemerintah melarang masyarakat untuk beraktifitas diluar rumah dan juga pemerintah harus menyiapkan anggaran untuk menghidupi masyarakat yang selama Lock Down tidak diperkenankan beraktivitas seperti biasanya.

“Kalau ini dilaksanakan pergerakan ekonomi kita di Pekanbaru masih bisa terus berjalan, gak mesti harus Lock Down karena kita sama-sama sehat. Yang kita takutkan adalah yang datang dari luar Kota Pekanbaru,” katanya lagi.

Sementara untuk mengantisipasi adanya pendatang selain pembawa logistik, Anggota Fraksi Robin Eduar meminta Walikota mengerahkan Satpol PP untuk berjaga disetiap perbatasan.

Bahkan menurutnya jika ada yang ingin masuk menuju Pekanbaru dapat langsung dihadang dan kemudian diarahkan untuk kembali ketempat asalnya.

Tak hanya jalan darat, Robin meminta Walikota juga menutup jalur udara, dan juga laut menuju Kota Pekanbaru.

“Ini Bukan tanpa alasan, hal tersebut tentu untuk menjaga kesehatan masyarakat Pekanbaru agar terhindar dari Covid-19,” tuturnya. (don)