oleh

Cegah Penyebaran Corona, Gubri Sepakat dengan 3 Gubernur Pemeriksaan Bersama di Perbatasan

PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar telah sepakat dengan tiga gubernur di Sumatera melakukan pemeriksaan bersama terhadap warga yang melintas di perbatasan provinsi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Ketiga gubernur yang bersepakat dengan Gubri tersebut adalah Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Gubernur Jambi Fahrori Umar.

banner 300x250

“Kita sudah sepakat dengan Gubernur Sumbar, Gubernur Jambi dan Gubernur Sumut untuk melakukan pemeriksaan bersama terhadap warga yang melintas di perbatasan,” kata Syamsuar saat berdialog dengan para pemimpin redaksi media, di Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau, Jumat (3/4/2020).

Dialog tersebut juga dihadiri Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto dan juru bicara Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi.

Pimpinan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau itu menjelaskan, pemeriksaan bersama tersebut bisa mengurangi kerepotan warga, karena tidak harus menjalani dua kali pemeriksaan saat akan memasuki provinsi lain.

“Jadi, warga dari Riau yang mau masuk ke Sumbar, Jambi dan Sumut atau sebaliknya, cukup menjalani satu kali pemeriksaan saja, karena diperiksa oleh tim bersama dari dua provinsi yang berbatasan,” ujarnya.

Lanjut Gubri, di perbatasan Riau dengan Sumbar, dalam tim bersama tersebut ada unsur Dinas Kesehatan, Polri, TNI dan Satpol PP kedua provinsi. Demikian pula di perbatasan Riau-Jambi dan Riau-Sumut.

Pemeriksaan bersama ini, menurut Syamsuar, juga bisa membantu mengatasi keterbatasan personel di masing-masing provinsi.

“Hari ini kita sepakat dengan Gubernur Sumbar meninjau posko tim bersama pemeriksaan warga di perbatasan. Namun, karena ada acara ini, maka Pak Wakil Gubernur yang berangkat melakukan peninjauan,” ujarnya.bas