oleh

Masih Butuh Perawatan, Kondisi Luka Jerat di Kaki Harimau Corina Semakin Membaik

PEKANBARU – Harimau Sumatera bernama Corina yang berhasil diselamatkan Tim BBKSDA Riau di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau beberapa waktu lalu, kini mengalami perkembangan kondisi yang membaik pada luka jerat di kakinya.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan kondisi ini terlihat berdasarkan pengecekan tanggal 13 April 2020 kemarin.

banner 300x250

“Pertanggal 13 April, progres kesembuhan luka di kaki Corina semakin membaik, nafsu makan juga bagus karena pakannya selalu habis,” ujarnya, Selasa, (14/4/2020).

Namun, Suharyono mengatakan bahwa Corona mengalami gejala flu dan pilek dua hari belakangan, akibat kondisi lingkungan yang berubah-ubah dan cuaca hujan yang terus menerus.

“Kita lihat ada cairan bening dari hidungnya. Corona sepertinya masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan PRHSD yang juga sering hujan,” jelasnya.

Suharyono kemudian menjelaskan bahwa perawatan Corina dimulai pada tanggal 31 Maret lalu, Harimau Sumatera ini berjenis kelamin betina, dengan umur sekitar 3 tahun. Saat itu, selain luka jerat yang dalam di kaki kanan depannya, ia juga memiliki beberapa luka kecil di beberapa bagian tubuh.

“Dia juga mengalami penurunan kadar kalsium dan phosphor pada darah, dan terdapat caplak serta parasit dalam lambungnya. Adapun berdasarkan diagnosa pemeriksaan kesehatan dan laboratorium Corina mengalami Anemia Makrositik Normokromik (Non regenerasi), yaitu anemia atau kekurangan darah karena kurangnya asupan nutrisi dan deep laserasi atau luka yang dalam,” terangnya.

Setelah itu, Corina menjalani perawatan intensif selama 14 hari kedepannya. Ia ditempatkan dalam kandang berukuran 6×12 meter, dengan fasilitas bak air, batang kayu, dan dipan serta lampu untuk penghangat badan.

“Corina dapat berjalan dengan empat kakinya. Saat ini kita memberikan multivitamin agar kondisinya terus stabil membaik, Tim PRHSD juga menambah lampu penghangat didekat tempat tidur Corina yang sebelumnya hanya 2 buah lampu infrared menjadi 4 buah untuk menjaga kondisi disekitar tempat tidur tetap hangat,” pungkasnya.