oleh

Warga Siak Mendadak Meninggal, Rapid Tes Positif Virus Corona

SIAK – Salah seorang warga Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau berinisial SN (63) yang meninggal di RSUD Tengku Rafian Siak, Sabtu malam (11/4/2020) dinyatakan terjangkit virus Corona.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD) Tengku Rafian Dr. H Benny Chairuddin mengatakan almarhum tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Namun istrinya baru saja datang dari Sumatera Barat, salah satu daerah terjangkit Covid-19.

banner 300x250

Diceritakan dr Benny, awalnya SN datang ke RSUD Siak dengan keluhan sesak nafas dan tingkat kesadaran yang menurun. Saat dicek suhu tubuhn pasien normal yakni dengan suhu 36°diduga telah meminum obat.

Setelah itu pihak rumah sakit berusaha mencari informasi apakah yang bersangkutan ada melakukan perjalan keluar daerah, namun pihak keluarga mengaku tidak ada melakukan bepergian.

Selanjutnya, pasien semakin menunjukan gelaja penurunan kesadaran dan sempat dibantu dengan alat pompa jantung, dan kesulitan bernafas, kemudian diambil sampel darah pasien, namun sebelum hasil keluar pasien sudah meninggal dunia.

“Kami izinkan pihak keluarga membawa jenazah pulang untuk dikebumikan karena tidak ada mengarah adanya tanda ke virus Corona dan pihak keluarga menandatangani surat kesepakatan,” kata dr Benny saat konfresi pers di posko gugus tugas Minggu (12/04/2020).

Selang beberapa waktu setelah jenazah dibawa pulang, lanjut dr Benny lagi, pihak Rumah Sakit memperoleh informasi dari salah satu puskesmas di Siak yang menuturkan bahwa istri dari almarhum ada riwayat bepergian ke Sumbar untuk reuni.

“Mengetahui informasi tersebut kemudian pihak rumah sakit segera melakukan test, dan kemudian kembali menjemput jenazah di rumah duka untuk dibawa kembali ke RSUD Siak, dan kemudian dilakukan pengecekan yang dan mengeluarkan hasil Rapid Test positif Corona,” tutur Benny dalam konferensi pers yang didampingi Bupati Siak Alfedri.

Dikatakan Benny, jenazah dimakamkan sesuai dengan protab jenazah Covid -19 di makam Suak Santai pada Minggu dini hari.

“Kami berharap keluarga atau pun pasien yang datang berobat, dapat jujur menyampaikan dengan jujur apa yang ditanyakan tim medis. Ini untuk kebaikan kita bersama,” pinta Benny sembari mengajak masyarakat untuk tetap hidup bersih dengan selalu mencuci tangan setelah dari luar, minum vitamin dan menjaga jarak dengan siapa pun.