oleh

PCR – Pemko Pekanbaru Kembangkan Aplikasi ‘CikPuan’ untuk Lacak Covid-19

PEKANBARU – Politeknik Caltex Riau (PCR) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru mengembangkan aplikasi CikPuan (cek, informasi, trace & tracKing, COVID-19 Pekanbaru untuk anda) guna  memonitor kesehatan dan pergerakan warga selama pandemi COVID-19.

Dengan aplikasi ini Pemerintah Kota Pekanbaru dapat memetakan posisi warga berdasarkan kesehatan harian dan posisi warga terhadap pergerakan warga dengan kasus (ODP/PDP/Positif), kata Kartina Diah KW, S.T.,M.T sebagai Ketua tim dan project manager, dari PCR Jurusan Teknologi Informasi, di Pekanbaru, Rabu (20/5/2020).

banner 300x250

Pengembangan aplikasi ini dilakukan oleh enam staf pengajar dan tiga mahasiswa dari Jurusan Teknologi Informasi selaih Diah juga Shumaya Resty Ramadhani, S.S.T., M.Sc. sebagai ketua tim Cik Puan Android dan System analyst, Dr. Juni Nurma Sari, S.Kom., M.MT System analyst,Indah Lestari, S.S.T.,M.T System Analyst, Susiyanti, S.S.T maintainer android project dan programmer, Muhammad Mahrus Zain UI specialist, Leony Veronica Wijaya, Alfin H dan Alwi Muhammad sebagai programmer.

Diah mengatakan bahwa pengembangan aplikasi ini dilakukan oleh Politeknik Caltex Riau, Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik terkait kebutuhan Pemko Pekanbaru untuk melakukan monitoring kesehatan dan pergerakan warga selama pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan Cik Puan, aplikasi berbasis gawai atau smartphone android memiliki beberapa fitur. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan asesmen kesehatan harian, Early Warning Destination (EWD) peringatan dini untuk kelurahan yang menjadi tujuan warga dan deteksi otomatis posisi warga di sepanjang perjalanan terhadap keberadaan warga dengan kasus yang bergerak, Posyandu Siaga yang terdiri dari fitur Kalkulator gizi balita, jadwal imunisasi di Puskesmas dan informasi rumah sakit serta informasi dan promosi kesehatan terkait Covid-19 di Kota Pekanbaru dan lain-lain.

Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini sebanyak 3 buah dan saling terintegrasi diantaranya Aplikasi CikPuan untuk warga, Aplikasi Cik Puan untuk Petugas Satgas Covid-19 serta Dashboard Monitoring Cik Puan.

“Berdasarkan data yang diperoleh dari Cik Puan dan hasil analisis sistem. Pemerintah Kota Pekanbaru dan Satga COVID-19 dapat melakukan tindakan preventif maupun penanganan lebih dini kepada warga,” ungkap Diah selaku Ketua Tim Cik Puan PCR.

Diah juga mengungkapkan bahwa untuk proses pengembangan aplikasi Cik Puan ini menghabiskan waktu selama 1,5 bulan berkat kerja keras dari seluruh tim dan mahasiswa.

Aplikasi Cik Puan dapat di download warga melalui laman web https://ppc-19.pekanbaru.go.id/ sementara versi playstore sedang tahap review dari google dan jika tidak ada kendala dalam waktu dekat sudah dapat didownload melalui playstore.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau Dr. Juni Nurmasari mengatakan secara teknis aplikasi ini sangat bagus dan mudah digunakan. Banyak fitur yang bisa digunakan oleh masyarakat salah satunya fitur untuk cek kesehatan, mengetahui daerah zona covid sehingga kita bisa berhati-hati (EWD), informasi terkait covid sehingga bisa memberikan kesadaran diri untuk tetap dirumah aja dan mengikuti protocol pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. sangat mendukung penuh terkait riset dan inovasi yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika PCR untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Momen pandemic COVID-19 ini menjadi momentum bagi seluruh sivitas akademika PCR untuk membuat sesuatu yang bermanfaat dalam upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Kita semua berharap inovasi-inovasi yang diciptakan oleh Dosen PCR bisa bermanfaat untuk masyarakat , “katanya.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengapresiasi aplikasi bernama CikPuan (Cek, Informasi, trace & traKing, covid-19 Pekanbaru Untuk Anda) yang digagas PCR.

“Penemuan ini sebagai bentuk inovasi untuk memutus penyebaran virus itu dan dengan aplikasi ini kita dapat meminimalisir COVID-19,” kata Wali Kota.

Wali kota juga mengucapkan terimakasih atas sumbangsih ide dan gagasan dari PCR atas aplikasi CikPuan untuk memantapkan analisa data bagi penagananan COVID-19.