oleh

Pertama di Riau, Unilak Adakan Halalbihalal ‘Raye Drive Thru’ di Kampus

PEKANBARU – Di saat wabah Corona (Covid-19), Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, tak kehabisan ide untuk mengadakan acara halalbihalal yang aman tanpa melanggar protokol kesehatan, yaitu halalbihalal dengan sistem drive thru, pada Selasa (26/5/2020).

Kegiatan ‘Raye Drive Thru’ yang merupakan ide dari Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum ini sendiri dilaksanakan di lobi gedung rektorat Unilak, dengan memperhatikan SOP pencegahan wabah Covid-19. Diantaranya, para tamu undangan diwajibkan menggunakan masker, tidak berjabat tangan, menerapkan physical distances serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Dengan sistem divre thru ini, makanya jajaran dosen, karyawan, dan mitra media Unilak yang hadir dalam kegiatan ini pun dapat halalbihalal tanpa harus bersalam-salaman, melainkan cukup menyapa dari dalam kendaraan saja.

“Silaturrahmi ini baru pertama kali digelar sebagai cara beradaptasi dengan kondisi wabah Covid-19 dengan tetap memperhatikan SOP, dan Unilak memberikan 400 paket lebaran bagi tamu yang mengikuti Raye Drive Thru agar bertambah kebahagiaan,” kata Rektor Unilak.

Ia menambahkan kegiatan kerja karyawan dan dosen kini mulai berjalan di kampus Unilak, namun mahasiswa masih libur. “Mahasiswa nanti akan langsung ujian pada akhir Juni secara online karena belum bisa kuliah secara fisik di kelas,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru di Unilak juga menggunakan sistem jaringan di situs pmb.unilak.ac.id. Pihaknya memberikan kemudahan untuk pendaftar yaitu tanpa tes masuk dan diskon uang pengembangan hingga 50 persen.

“Sudah banyak yang daftar karena kita ada program Pasti Kuliah, yakni memberikan diskon sampai 50 persen uang pengembangan. Ini diberikan karena pada masa sulit ini jangan sampai anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ujarnya.

Sementara itu salah satu tamu yang mengikuti Raye Drive Thru, dekan Fakultas Hukum Unilak, Dr Fahmi, SH, MH, saat ditemui memberikan apresiasi kepada Rektor beserta jajarannya atas ide kreatif nya dalam melaksanakan Kegiatan Raye Drive Thru.

“Walaupun situasi pandemik Corona ,tidak menghalangi Keluarga besar Unilak untuk melakukan silaturahmi sebagai pengganti kegiatan halal bi halal. Kegiatan Raye Drive Thru ini sebagai bentuk kegiatan yang mematuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan standar protokol kesehatan,” kata Fahmi. (rls)