oleh

Banyak Anak Jalanan Jadi Gepeng di Kota Pekanbaru, Dinsos Minta Kerjasama OPD Terkait

PEKANBARU – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan untuk penanganan anak, turut bekerjasama untuk mendapatkan hak anak-anak yang menjadi gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kota Pekanbaru.

Hal ini disampaikan Kepala Dinsos Kota Pekanbaru, Chairani terkait masih banyaknya anak-anak, bahkan yang masih berusia dini berada di jalanan. Mereka sering terlihat di persimpangan lampu merah, bermodus berjualan tisu dan mengamen, atau dibawa orang tuanya untuk mencari nafkah di jalanan.

banner 300x250

“Kita minta kerjasama semua pihak, kepada OPD-OPD terkait yang bekerja di sisi hulu agar bisa mendapatkan hak anak-anak ini, supaya tidak lagi turun ke jalan,” ujar Chairani, Kamis, (28/5/2020).

Ia menjelaskan, Dinsos sendiri merupakan OPD yang bekerja di sisi hilir. Yaitu, menangani masalah anak-anak yang setelah terjaring penertiban. Dimana, jika ada anak- anak yang terjaring ternyata tidak punya keluarga dan terlantar, maka menjadi kewajiban Dinsos.

“Melalui mekanisme assesment, jikalau anak-anak ini memang betul-betul tidak punya rumah, maka menjadi tugas Dinsos untuk melakukan rehab sosial. Lalu nanti kita oper mereka ke panti-panti asuhan yang ada di Dinsos provinsi,” paparnya.

“Sedangkan untuk anak-anak yang masih berada di jalanan, merupakan tugas dari OPD yang bekerja di sisi hulu untuk mencari tahu mengapa anak-anak tersebut turun ke jalan,” pungkasnya.