oleh

Dijadikan Jalan Alternatif ke Sumbar, Kuannsing Perketat Pintu Masuk di Pucukrantau

TELUKKUANTAN – Ruas jalan nasional Telukkuantan – Kiliranjao ditutup untuk sementara waktu untuk kendaraan penunmpang sebagai antisipasi masuknya virus corona atau Covid-19 ke Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Terlebih, Sumbar merupakan zona merah penyebaran wabah Covid-19.

Kondisi itu membuat para pengemudi yang datang dari Sumbar hendak ke Riau atau sebaliknya mencari jalan alternatif. Ruas jalan Perhentian Sungkai Pucukrantau – SP5 Padang Lawas Dharmasraya menjadi pilihannya.

H-1 Hari Raya Idul Fitri 1441 H, banyak kendaraan memilih untuk melewati jalan alternatif tersebut. Agusmandar, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kuansing mengakui tidak ada penjagaan Poskowas pada saat itu.

“Sebenarnya, Poskowas tersebut sudah mulai efektif sejak 18 Mei 2020 lalu. Namun, pada malam Idul Fitri dan hari raya petugas kita istrahat melaksanakan salat idul fitri. Kemudian, hari kemaren kembali aktif,” ujar Agusmandar, Rabu (27/5/2020) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Agusmandar, Bupati Kuansing sudah melakukan pemantauan Poskowas Perhentian Sungkai pada Selasa (26/5/2020) kemaren. Dalam kesempatan itu, Bupati Mursini meminta penjagaan diperketat.

“Penjagaan diperketat, mengingat Sumbar ini zona merah penyebaran Covid-19. Kita tak ingin, virus itu sampai ke Kuansing,” ujar Agusmandar.

Kini, Poskowas Perhentian Sungkai dijaga oleh tim gabungan, mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Pegawai Kantor Camat, Satpam TBS dan masyarakat setempat.

“Untuk masyarakat Kuansing, sebaiknya tidak bepergian ke luar daerah, apalagi daerah zona merah. Sebab, kita khawatir akan membawa virus ke Kuansing. Karena itu, kalau tak terlalu penting, tak usah keluar,” tutup Agusmandar.