oleh

Lebaran di Tengah Covid-19, Tamu yang Berkunjung ke Rumah Bupati Siak Terapkan Protokol Kesehatan

SIAK – Bupati Siak Alfedri tak dapat menolak tamu yang datang berlebaran ke rumah dinasnya, meski Menteri Agama Fachrul Razi telah mengingatkan Umat Islam di Indonesia agar berlebaran bersama keluarga inti di rumah dan tidak perlu menerima tamu untuk mencegah penularan virus corona.

Dikatakannya, setiap tamu yang datang ke rumahnya untuk bersilaturahmi tetap harus menerapkan protokol kesehatan, tidak bersalaman, mencuci tangan sebelum masuk, menggunakan masker serta menjaga jarak.

banner 300x250

“Menteri Agama menyebutkan mungkin tamu yang datang membawa virus, karena banyak sekarang orang tanpa gejala. Makanya kami ingatkan tamu agar tetap terapkan protokol kesehatan,” kata Bupati, Minggu (24/5/2020).

Pada dasarnya, kata Bupati, dirinya dan keluarga memang berharap tidak ada tamu yang datang ke rumahnya saat lebaran di tengah wabah virus Corona ini. Namun apa daya, warga tetap datang bersilaturahmi, walaupun hanya sebentar.

“Jangan sampai setelah lebaran ini terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak. Makanya kami juga menghimbau agar masyarakat tetap di rumah saja selama hari raya,” ucapnya.

Menurutnya, Ibadah dan silaturahmi bisa dilakukan di rumah saja. Kegembiraan jangan sampai hilang tetapi tetap harus terhindar dari Covid-19,” katanya.

Dia juga bersyukur karena masyarakat tidak menggelar takbir keliling pada malam Idul Fitri. Namun tetap melakukan takbiran melalui pengeras suara di Masjid dan Musala.adv