oleh

Begini Cerita Video Viral Polantas di Pekanbaru Bantu Warga yang Kesakitan karena Usus Buntu Menuju Rumah Sakit

PEKANBARU – Seorang anggota kepolisian dari Satlantas Polresta Pekanbaru, menjadi viral di media sosial karena perbuatannya yang tidak menilang pelanggar lalulintas, justru memberikan pengawalan terhadap mobil tersebut dengan alasan kemanusiaan.

Dimana didalam video viral itu, tampak mobil patwal polisi memberhentikan mobil pickup, kemudian pengendara mobil yang diberhentikan tampak gugup. Lalu petugas menanyakan surat-surat, namun pengendara tidak dapat menunjukkan surat kendaraan.

banner 300x250

Kemudian, seorang ibu yang kelihatan bergoyang-goyang seperti kesakitan, tiba-tiba petugas bertanya, ‘ibu mau kemana?’, Ibu tersebut menjawab ‘mau ke rumah sakit pak, saya usus buntu, ini mau cari rumah sakit terdekat aja pak,’ ujarnya. Kemudian petugas tersebut justru langsung mengarahkan mobil pick up untuk mengikuti mobil patwal menuju ke rumah sakit, sebab jalanan tengah macet.

Sontak ibu yang sedang sakit mengucapkan ‘Alhamdulilah, pak makasi ya pak, Alhamdulillah,” ujarnya dengan suara gemetar. Meski demikian, petugas itu tampak tetap mengiatkan pengendara agar tetap melengkapi surat-surat kendaraan dan taat berlalulintas, ‘saat ini saya akan berikan pengawalan, saya bantu bapak kelancaran di jalan karena bapak bawa orang sakit, tapi besok jangan lupa surat-surat dibawa ya, ayo ikut saya,’ ajak petugas tersebut.

Ternyata, yang menjadi pertimbangan anggota polisi bernama Bribka Richi itu tidak menilang pengendara mobil tersebut karena, didalam mobil terdapat seorang ibu yang sedang merintih kesakitan, karena mengalami sakit usus buntu.

Disampaikan oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya, melalui Bribka Richi bahwa, dirinya saat itu tidak menyadari kalau perbuatannya diam-diam diabadikan oleh seorang penumpang mobil, dan tiba-tiba video tersebut menjadi viral di media sosial.

Richi menceritakan, pada hari Rabu (27/5/2020) lalu sekitar pukul 15.30 WIB, Ia bersama dengan tiga orang rekannya sedang melaksanakan patroli pemantuan arus lalu lintas dan giat masyarakat dalam pelaksanaan giat PSBB Kota Pekanbaru.

“Saat patroli, tepatnya di seputaran Jalan Riau-Arengka, kami bersama Bapak Kasatlantas, Kompol Emil Eka Putra, melihat ada kendraan roda empat jenis pick up baru, yang mana kendraaan tersebut dalam kecepatan cukup kencang, maka kami melakukan mengejar kendaraan tersebut lalu memberhentikannya,” kata Richi kepada GoRiau.com, Sabtu (30/5/2020) pagi.

Setelah diberhentikan, Richi bersama rekannya melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan kelengkapan berkendara pengemudi mobil pick up baru yang sudah dipasang besi kerangkeng tersebut.

“Saat kami periksa, ternyata pengemudi tidak membawa satupun surat-surat kendaraan, KTP, dan SIM. Ditambah tidak menggunakan sabuk pengaman serta melanggar peraturan PSBB berupa tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak. Tapi saat itu kami lihat ada ibu-ibu di kursi penumpang yang lagi kesakitan,” lanjut Richi.

Selanjutnya, Richi menanyakan kondisi ibu tersebut. Saat itu pengendara dan ibu itu menjawab bahwa ia sedang mengalami sakit usus buntu dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

“Melihat kondisi itu, kami langsung saja menanyakan mau ke rumah sakit mana, ibu itu jawab yang paling dekat aja. Kami langsung bergegas membantu kelancaran dan pengawalan kendaraan tersebut ke rumah Sakit Santa Maria jalan Ahmad Yani, Yang mana pada saat itu situasi lalu lintas jalan Durian memang cukup padat,” tutur Richi.

Terakhir Richi menyampaikan, dirinya juga tidak menyangka kalau perbuatannya itu menjadi viral di media sosial, dan mendapat banyak pujian dari warganet.

“Tidak menyangka, setelah beberapa jam video tersebut sudah viral kemana-mana. Niatnya ikhlas sesuai arahan dari bapak kasat lantas untuk membantu kelancaran si ibu yang sudah kesakitan tadi menuju rumah sakit,” tutup Richi.