oleh

Kondisi 3 Santri dari Magetan yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Mulai Membaik

SIAK – Tiga santri klaster pondok pesantren Magetan, Provinsi Jawa Timur yang dirawat di RS Tengku Rafi’an Siak, sudah berangsur membaik.

Sebelumnya, santri-santri tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan swab pertamanya. Ketiga santri yang dinyatakan terkonfirmasi positif swab pada saat pelaksanaan PSBB kemaren.

banner 300x250

“Sebelumnya, ketiga santri tersebut pulang ke Siak sudah menjalani protokol kesehatan Covid-19. Namun, setelah 14 bahkan masa satu bulan, anak kita tersebut tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Setelah salah satu dari tiga orang tersebut dilakukan swab, ternyata positif. Kita simpulkan, mereka termasuk dalam klaster orang tanpa gejala (OTG) tertular virus Corona,” Kata Alfedri, Jum’at (29/5/2020).

Kata dia, sampai saat ini hasil swab ketiga kalinya para pasien tersebut dinyatakan negatif dan sedang menunggu hasil pemeriksaan swab selanjutnya.

Pihak keluarga mereka juga sudah dilakukan tracing, dan juga dilakukan pemeriksaan swab. Diantaranya, keluarga pasien di Kecamatan Dayun sebanyak 4 orang, sudah dilakukan pemeriksaan swab, dengan hasil negatif.

“Keluarga pasien dari Kecamatan Mempura saat ini sedang menunggu hasil, dan keluarga pasien asal Kecamatan Siak yang berjumlah 7 orang hasil pemeriksaannya juga dinyatakan negatif,” Kata Alfedri.

Sementara dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), Alfedri menyebutkan memberi dampak positif bagi penanganan penularan Covid-19 di kota itu.

“Hingga saat ini, jumlah ODP di Kabupaten Siak tercatat sebanyak 4.425 orang, dan yang masih dalam pantauan sebanyak 674 orang. Jumlah tersebut berkurang dari jumlah sebelum PSBB yaitu sebanyak 824 orang. Sementara saat ini tidak terdapat PDP yang tengah menjalani masa perawatan,” tutupnya.adv