oleh

Ikatan Keluarga Magek Pekanbaru Salurkan Zakat Mal kepada Anggota Terdampak Covid-19

PEKANBARU – Guna meringankan beban masyarakat terdampak covid-19, khususnya para anggota organisasi, Ikatan Kekeluargaan Magek (IKM) atau Magek Saondoh Pekanbaru Riau menyalurkan bantuan berupa zakat mal kepada anggota persatuan.

Ikatan Keluaraga Magek atau Magek Saondoh ( MS) Pekanbaru merupakan organisasi kemasyarakatan yang sudah lama ada di Pekanbaru. Magek adalah suatu kenagarian di Sumatra Barat, tepatnya di Kabupaten Agam Kecamatan Kamang Magek, dimana sebagian besar warganya banyak yang merantau di Pekanbaru dengan bekerja sebagai wiraswasta atau berdagang, karyawan dan ada juga yang menjadi pegawai negeri bahkan ada juga yang jadi pejabat pemerintah Provinsi Riau. Saat ini tercatat ada lebih 500 kepala keluarga yang ada di Pekanbaru.

banner 300x250

Bertempat di Sekretariat IKM/Magek Saondoh Pekanbaru di Jalan Lili Sukajadi, Minggu (31/5/2020), bantuan diberkan merupakan zakat mal dari perantau-perantau Nagari Magek yang ada di seluruh Indonesia yang mana zakat tersebut dikoordinir oleh pengurus pusat Magek Saondoh di Jakarta. Dari seluruh zakat mal yang terkumpul tersebut, lalu dibagikan kepada warga perantau Magek di seluruh Indonesia termasuk warga Nagari Magek yang di kampung.

Di Pekanbaru juga telah disalurkan kepada 64 kepala keluarga yang berhak menerimanya dimana mayoritas keluarga yang menerima adalah para pedagang karena merekalah yang sangat berdampak langsung terhadap Covid-19 disamping ada juga sebagai buruh bangunan.

Ketua Harian IKM/Magek Saondoh Pekanbaru, Alifahmi saat pembagian zakat mal mengatakan, sangat berterimakasih sekali dengan adanya bantuan dari para perantau Magek yang ada di seluruh Indonesia. Inilah salah satu bentuk perhatian sesama warga kampung walaupun berlainan rantau.

“Terimakasih banyak atas perhatian dan bantuannya semoga bagi yang mengeluarkan zakat mal selalu dilimpahkan rezeki yang berlimpah dan bagi yang menerima semoga bermanfaat,” ucapnya.

Sebelum pembagian zakat mal ini, Ali Fahmi mengatakan, pada bulan April lalu juga telah disalurkan bantuan dalam bentuk sembako kepada warga Magek Pekanbaru dalam dua tahap. Tahap pertama sebelum puasa dan tahap kedua sebelum lebaran. “Inilah bentuk kepedulian kami sebagai pengurus IKM/Magek Saondoh Pekanbaru kepada anggotanya. Pada saat inilah perlunya organisasi kampung di rantau membantu warganya dengan membentuk kegiatan tanggap darurat Covid-19, berbagi kepada warganya apalagi dalam masa PSBB yang dibatasi gerak untuk berusaha,” ujarnya.

Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat Magek Saondoh (MS), Badroni Yuzirman saat di konfirmasi melalui jaringan seluler menjelaskan, kegiatan penyaluran bantuan kepada masyarakat khususnya kepada anggota Magek Saondoh berkat uluran para donatur organisasi Magek Saondoh yang berada di seluruh Indonesia.

Menurutnya, dalam situasi kondisi saat ini, seluruh Indonesia sangat merasakan sulitnya kondisi ekonomi, khususnya para pedagang kaki lima dan yang lainnya.

Badroni juga menjelaskan, selain bantuan Covid-19, organisasi Magek Saondoh mengambil moment bulan suci Ramadhan untuk mengumpulkan zakat dari seluruh anggota dan disalurkan kepada yang berhak menerimanya melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Magek Saondoh di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini membuktikan bahwa Magek Saondoh selalu ada untuk seluruh masyarakat Magek dimana saja berada, dalam kondisi apapun, baik suka maupun duka. Kegiatan ini akan terus digalakkan untuk antisipasi keadaan yang masih belum normal kedepannya.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim Magek Saondoh yang merupakan garda terdepan yang langsung mendistribusikan bantuan kepada warga, khususnya warga Magek Saondoh yang membutuhkan,” pungkasnya. (rls)