oleh

Bantuan Sosial untuk Warga Siak Terdampak Covid-19, Dimonitoring lewat Aplikasi ‘Mata Bansos’

SIAK – Kini ada aplikasi khusus untuk memantau penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Siak. Aplikasi itu diberi nama ‘Mata Bansos’.

Dikatakan Pj Sekda Siak, Drs H Jamaduludin, aplikasi Mata Bansos tersebut diluncurkan secara virtual oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Kepala BPKP Perwakilan Riau Farid Firman dan pejabat lainnya di Posko Gugus Tugas COVID-19 Riau, belum lama ini.

banner 300x250

“Bansos atau bantuan keuangan dari Pemprov Riau untuk masyarakat Siak bisa dimonitoring lewat aplikasi Mata Bansos,” kata Jamaludin kepada GoRiau.com belum lama ini.

Saat ini, kata Jamal lagi, untuk data penerima Bansos ini akan terus diperbarui agar tepat sasaran. Sehingga warga yang terdampak tapi belum terdata bisa diusulkan. Kedepannya, tidak ada lagi permasalahan pendataan bansos di lapangan.

“Katanya BPKP akan selalu mendampingi untuk bersama keluar dari krisis ini. Yang terpenting adalah untuk selalu mengupdate data agar pemberian bantuan sosial bisa berjalan dengan lancar dan baik,” ucapnya.

Menurut Jamal, masing-masing OPD harus sinkron dan terintegrasi, agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan. Dengan adanya sistem aplikasi ini, akan mudahnya untuk memantau setiap perkembangan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat.