oleh

Kayu Akasia Muatan dari Kapal Tongkang Terbakar di Sungai Siak

SIAK – Kapal tongkang bermuatan kayu akasia yang terbakar menjadi tontonan ramai warga di Desa Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Riau, Rabu (10/6/2020) sejak siang tadi.

Menurut warga, kapal yang melintas dari arah Siak menuju Perawang, Kecamatan Tualang terbakar sejak pukul 13.00 WIB. Api mulai terlihat di kayu akasia bagian belakang kapal.

banner 300x250

Sejumlah pihak terkait ikut turun memadamkan api tersebut. Bahkan Helikopter Bom Air dari Sinarmas turut memadamkan kebakaran kayu tanaman industri tersebut.

“Dari tadi sudah ada tim pemadam kebakaran dari Kabupaten Siak dan tim pemadam dari perusahaan. Mereka mencoba memadamkan dari tepi Sungai Siak,” ujar warga kepada GoRiau.com.

Sementara pihak kepolisian dan TNI juga terlihat di lokasi bersama ratusan warga yang menyaksikan kebakaran tersebut. Api terlihat sulit dipadamkan dan terus membara pada kayu-kayu tersebut.

Helikopter Bom Air Sinarmas mengambil air dari Sungai Siak lalu menumpahkannya ke sumber api. Namun kondisi angin kencang seperti membuat api terus ada meskipun masih tetap pada bagian belakang kapal.

Belum diketahui persis ini kapal dari perusahaan mana, tapi yang jelas memang Sungai Siak menjadi jalur lintas kapal-perusahaan. Di antaranya yang beroperasi di Kabupaten Siak Perusahaan HTI PT Arara Abadi dengan Pabriknya PT Indah Kiat Pulp and Paper keduanya Grup Sinarmas.

Sementara kebakaran terus terjadi, kayu-kayu akasia itu juga terlempar satu-satu ke sungai. Warga masyarakat masih ramai menyaksikan proses pemadaman yang berlangsung sengit.