oleh

Tungku Peleburan PT RPS Siak Hulu Meledak, 4 Orang Pekerja Terluka

PEKANBARU – Warga disekitaran PT RPS (Riau Perkasa Steel) yang berada di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, dikejutkan dengan suara keras dari PT RPS.

Ternyata suara ledakan tersebut berada dari tungku peleburan besi baja No IV pada PT RPS. Dimana kejadian itu terjadi pada hari Minggu (7/6/2020), sekitar pukul 23.05 WIB.

banner 300x250

“Iya kejadiannya tadi malam. Akibat kejadian itu empat orang orang penjaga tungku bernama Saroh (22), Destor Gulo (29) mengalami luka pada bagian telinga, Li Mao Xian (47), mengalami luka pada bagian pendengaran telinga dan luka tergores di bagian tangan kanan, dan Destiamani Zendratu (36), mengalami luka pada bagian tangan sebelah kiri. Dimana keempatnya dirawat di Rumah Sakit Mesra Pasir Putih,” kata Kasubag Humas Polres Kampar, Iptu Deni Yusra, kepada GoRiau.com, Senin (8/6/2020) petang.

Selanjutnya Deni menjelaskan, saat itu Saroh bersama rekan-rekannya melakukan penjagaan di tengku peleburan besi No IV. Disaat yang bersamaan sedang ada pengujian sampel besi di tungku tersebut.

“Saat melakukan pengujian itulah tiba-tiba terjadi ledakan besar, yang mengakibatkan 6 orang didalam langsung terlempar dari tungku. 6 orang itu 5 pekerja dan satu orang mandor,” lanjut Deni.

Setelah mendengar informasi terkait ledakan di PT. RPS, petugas kepolisian dari Polsek Siak Hulu langsung menuju lokasi, untuk melakukan pengamanan dan pengecekan apa yang tengah terjadi.

“Dari analisis kita, pihak kepolisian, terjadinya ledakan di tungku peleburan besi PT. RPS itu, diduga akibat suhu mesin peleburan besi terlalu tinggi, dan membuat tungku tersebut tidak menahan kapasitas dan terjadilah suatu ledakan di dalam tungku peleburan besi No. IV PT. RPS,” tutup Deni.