oleh

Tim Kukerta Unri Relawan Covid-19 Bagikan Face Shield dan Bantu Proses Penyaluran Bansos Bagi Warga Desa Kubang Jaya

PEKANBARU – Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Lawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) membagikan alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah atau face shield kepada seluruh pegawai kantor Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Pembagian APD ini dilakukan bersamaan saat pemerintah desa setempat tengah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Tunai 2020 kepada masyarakat, Selasa (9/6/2020) kemarin.

“Pelindung wajah ini akan berguna bagi seluruh pegawai kantor Desa Kubang Jaya dalam melayani masyarakat, seperti pada saat pembagian Bansos Tunai. Karena aktivitas seperti itu harus tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Ketua Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri di Kubang Jaya, Leo.

Seperti yang diketahui, pemerintah Desa Kubang Jaya telah menyalurkan Bansos Tunai dari Kementerian Sosial kepada masyarakat penerima bantuan secara bertahap, nilainya sebesar Rp600ribu. Bansos ini sendiri disalurkan dalam tiga bulan, yakni Mei, Juni dan Juli. Sedangkan, yang sudah disalurkan adalah bansos Mei dan Juni yang diberikan pada tanggal 17 Mei 2020 dan 9 Juni 2020.

Kemudian, untuk mekanisme persyaratan dan pengambilan Bansos ini adalah dengan menunjukkan KTP elektronik, Kartu Keluarga Asli, Surat pemberitahuan dari kantor Pos dan fotokopinya, serta memakai masker.

“Bantuan ini diberikan langsung kepada masyarakat yang telah dipilih langsung oleh Kementerian Sosial. Lalu, masyarakat juga diwajibkan memakai masker mematuhi protokol kesehatan saat mengambil bantuan. Dan yang tidak pakai masker kami berikan masker,” kata Kepala Desa Kubang Jaya, Tarmizi.